Advertisement

Ada Lahan Tak Diketahui Pemiliknya di Trase Tol Jogja YIA, Segini Jumlahnya..

Sunartono
Minggu, 20 November 2022 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Ada Lahan Tak Diketahui Pemiliknya di Trase Tol Jogja YIA, Segini Jumlahnya.. Ilustrasi pengukuran jalan tol Solo-Jogja. - JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tim persiapan pembebasan lahan tol Jogja-YIA menemukan ada lahan terdampak yang sampai saat ini belum diketahui pemiliknya.

Terhadap beberapa bidang lahan ini akan diperlakukan khusus jika masih belum ada warga yang mengaku menjadi pemilik dengan dibuktikan dokumen secara sah. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menjelaskan dalam sosialisasi yang menyatakan timnya menemukan adanya beberapa lahan terdampak pembangunan tol Jogja-YIA yang belum diketahui pemiliknya.

Kondisi ini akan menjadi tugas bagi tim persiapan pembebasan lahan, dalam hal ini Pemda DIY bersama kabupaten untuk menyisir kembali hingga level kelurahan pedukuhan guna mencari identitas pemilik lahan.

BACA JUGA: Young Yakarta Fest 2022, Event Seninya Anak Muda di Jogja

Lantaran terkait dengan kejelasan identitas pemilik lahan terdampak tersebut akan dijadikan sebagai bahan konsultasi publik yang akan digelar pada Desember 2022 mendatang. 

“Ada beberapa hal yang ditemukan di antaranya ternyata banyak tidak diketahui pemilik lahannya, dengan adanya beberapa yang lahan sawah tidak diketahui itulah menjadi tugas tim persiapan untuk menyisir kembali,” katanya, Minggu (20/11/2022). 

Krido mengatakan sampai saat ini jumlah lahan terdampak yang belum diketahui pemiliknya tersebut ada tujuh bidang. Meski jumlahnya hanya tujuh, akan tetapi yang perlu diantisipasi selanjutnya terkait dengan kerawanan sosial lantaran bisa jadi ada pihak-pihak tertentu yang tiba-tiba mengaku menjadi pemilik.

Advertisement

Dia enggan menjelaskan detail lokasinya, tetapi dari tujuh bidang itu tersebar di sepanjang trase jalan tol Jogja-YIA dari Sleman hingga Kulonprogo. 

“Kami melihat bukan dari banyak atau sedikitnya bidang [yang belum diketahui pemilknya] itu meski pun hanya tujuh [bidang], tetapi ke lebih ke kerawanan sosial. Kami khawatir ada yang ngaku-ngaku misalnya, inilah yang berusaha kami selesaikan,” ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca, Hari Ini: Siang Ini, Kota dan Sleman Dilanda Hujan Petir

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement