Advertisement

Pendaftaran PPK dan PPS Kulonprogo untuk Pemilu 2024 Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Catur Dwi Janati
Minggu, 20 November 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Pendaftaran PPK dan PPS Kulonprogo untuk Pemilu 2024 Dibuka, Begini Cara Daftarnya Ilustrasi. - Bisnis/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai dibuka di Kulonprogo. Puluhan orang dibutuhkan sebagai PPK dan PPS pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Kulonprogo, Ibah Muthiah menerangkan pendaftaran PPK dan PPS dapat dilakukan melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA). Pengumuman pendaftaran calon anggota mulai dibuka 20 November 2022 sampai 24 November 2022 nanti. Sementara penerimaan pendaftaran akan berlangsung 20-29 November 2022.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dihubungi pada Minggu (20/11/2022), Ibah menjelaskan ada sejumlah persayaratan yang harus dipenuhi pendaftar untuk mencalonkan diri sebagai PPK dan PPS. Salah satu syaratnya yakni minimal usia 17 tahun yang ditunjukan dengan bukti fotokopi KTP elektronik dari pendaftaran yang bersangkutan.

BACA JUGA: Jadwal Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar, Jung Kook BTS Tampil

"Persyaratan seperti Bawaslu ya, seperti setia kepada Pancasila kemudian umurnya 17 tahun ke atas, 17 minimal. Kemudian berada dalam wilayah kecamatan tersebut," terangnya.

Pendaftar juga harus melengkapi berkas dokumen surat pernyataan memiliki integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil. Adapun batas jenjang pendidikan yang dipatok sebagai PPK yakni berpendidikan paling rendah SMA dan sederajat.

"Pendaftar juga tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah paling singkat lima tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan," tandasnya.

Setelah pendaftaran, calon PPK dan PPS masih akan melalui sejumlah tahap seleksi, di antaranya tahapan penelitian administrasi dan seleksi tertulis. Hasil seleksi tertulis selanjutnya akan dimintakan tanggapan dan masyarakat terhadap calon anggota PPK yang disusul wawancara calon PPK.

Advertisement

Pengumuman hasil seleksi calon anggota PPK akan diumumkan pada 14-16 Desember 2022. Calon anggota PPK terpilih selanjutnya akan dilantik pada 4 Januari 2022.

Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kulonprogo, Hidayatut Thoyyibah menambahkan bila PPK akan ditempatkan di tiap Kecamatan. "Jumlah PPK lima orang tiap Kecamatan, PPS tiga orang tiap Kelurahan/ Kalurahan," terangnya.

Di sisi lain perempuan yang akrab disapa Ida itu menjelaskan untuk KPPS, saat ini masih menunggu penetapan jumlah TPS. Jumlah TPS untuk pemilu, maksimal 300 pemilih atau TPS. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement