Advertisement

Pura-Pura Jadi Pembeli, Pria Ini Sikat HP di Sejumlah Warung di Bantul

CRA22
Rabu, 30 November 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Pura-Pura Jadi Pembeli, Pria Ini Sikat HP di Sejumlah Warung di Bantul Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Seorang pedagang es durian menjadi korban pencurian di Jalan Wachid Hasyim Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul. Pelaku merupakan seorang warga Pati, Jawa Tengah.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana, mengatakan pencurian terjadi pada Minggu, (6/11/2022) antara pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Jeffry mengatakan, ketika korban sedang sibuk melayani pembeli es durian, datang seorang pria mengendarai motor matik merk Honda Scoopy warna putih.

“Pelaku memesan empat bungkus es durian. Setelah korban selesai melayani pembeli lain, dia bermaksud melayani pesanan pelaku yang meminta dibungkuskan empat es durian,” kata Jeffry dihubungi pada Rabu, (30/11/2022).

BACA JUGA: Kasus HIV/AIDS Sleman Paling Banyak Tersebar di Depok dan Mlati

Hanya saja, tiba-tiba pelaku membatalkan pesanan tersebut dan langsung pergi meninggalkan lokasi. Korban yang curiga kemudian mengecek barang-barang miliknya. Benar saja, tas hitam yang berisi tiga unit handphone miliknya serta surat-surat berharga dan sejumlah uang raib. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian hingga Rp3,7 Juta.

Polres Bantul yang mendapat laporan tersebut langsung melakukan penyelidikan melalui Unit Jatanras Sat Reskrim bersama Unit Reskrim Polsek Bantul dengan mencari dan menginterogasi korban dan para saksi. Video CCTV yang berada di sebelah TKP menjadi petunjuk untuk menentukan terduga pelaku pencurian.

Setelah mendapat petunjuk dari baket dan petunjuk lain, tim gabungan Unit Jatanras Sat Reskrim Polres Bantul dan Unit Reskrim Polsek Bantul berhasil menangkap seseorang yang diduga kuat sebagai pelaku pada Sabtu, (19/11/2022) sekitar pukul 01.00 WIB di Rumah persembunyian terduga pelaku yang berada di Daerah Cluwak, Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Bukti yang menegaskan penangkapan tersebut adalah video CCTV yang merekam gerak-gerik dan motor Honda Scoopy nya bernomor polisi AB4301FV.

“Dengan modus operandi pura-pura ingin membeli dan ketika korban lengah pelaku langsung mengambil tas yang berisi tiga unit hand phone dan sejumlah uang,” ucap Jeffry.

Setelah pencurian yang pertama di Jalan Wachid Hasyim, di hari yang sama pukul 10.45 WIB, pelaku datang ke Warung Makan Gudeg Bu Siti di Jalan Urip Sumoharjo Bejen, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul.

Dengan modus yang sama, pelaku mengambil satu unit handphone senilai Rp3 Juta. Tak berhenti di situ, pelaku kemudian meninggalkan tas korban pedagang es durian di Warung Makan Gudeg Bu Siti supaya korban pertama menduga bahwa pelaku pencurian adalah orang yang berada di sekitar Warung Makan Gudeg tersebut.

Terang Jeffry, pelaku bernama Joko Hermanto tersebut telah mengakui serangkaian perbuatan pencurian yang dilakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement