Advertisement

Mulai 2024, Parangtritis Dibangun Jadi Wisata Malam Seperti Bali

Sunartono
Rabu, 07 Desember 2022 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Mulai 2024, Parangtritis Dibangun Jadi Wisata Malam Seperti Bali Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo dan Ketua GIPI DIY Bobby Ardianto bersama perwakilan BOB, Bank Indonesia dan DPRD DIY memberikan keterangan terkait prospek pengembangan wisata di 2023 di hotel kawasan Malioboro, Rabu (7/12/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kawasan wisata Parangtritis akan disulap menjadi wisata malam yang terbuka untuk wisatawan selama 24 jam mulai 2024. Konsep seperti Jimbaran Bali ini akan diterapkan dengan penataan dan penambahan berbagai fasilitas sehingga menjadi lebih nyaman bagi pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menjelaskan Kawasan Selatan terus didorong agar ramai tidak hanya siang hari, tetapi juga malam hari. Menurutnya banyak potensi lokal yang bisa menarik perhatian wisatawan pada malam hari, salah satunya ikan laut. Potensi laut ini bisa dikemas menjadi restoran khusus ikan laut yang dapat disajikan di malam hari. Restoran akan memberdayakan UMKM lokal sehingga masyarakat setempat menerima manfaatnya..

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Parangtritis Akan Disulap Jadi Kawasan Wisata Malam

"Konsep ini juga akan meningkatkan lama kunjungan wisatawan yang ada di sana. Seni budaya akan dilibatkan," katanya di sela-sela pelaksanaan seminar Yogyakarta Tourism Outlook 2023 yang digelar Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY dan Badan Otorita Borobudur, Rabu (7/12/2022).

Atraksi seni budaya akan digelar secara reguler di Parangtritis. Pelaku usaha pun secara perlahan akan ditata agar mereka bisa lebih rapi dan bersih.

"Warungnya bisa diubah lebih bagus bersih, supaya wisatawan nyaman. Saya membayangkan Depok, Parangtritis, bisa seperti Jimbaran [Bali]," katanya.

Wisata yang akan dikembangkan di Parangtritis antara lain  sport tourism dan aero sport tourism dengan memanfaatkan landasan pacu Depok yang dikoneksikan dengan Watugupit. Pemda DIY masih menyusun detail engineering design (DED) pengembangan wisata Pantai Selatan. DED selesai pada 2023, sehingga pembangunan kawasan Parangtritis bisa dimulai 2024.

BACA JUGA: Wisata Malam di Pantai Parangtritis, Solusi atau Bunuh Diri 

"Rencana penataan Parangtritis menjadi wisata malam ini sudah dibahas cukup lama dan kami berharap konsepnya bisa selesai cepat," ucapnya.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata DIY Bobby Ardianto mendukung upaya Pemda DIY dalam mengembangkan kawasan wisata, termasuk Parangtritis. Pada 2023, wisata DIY harus bertumpu pada pasar domestik dan didukung kemudahan akses. Ia berharap transportasi udara maupun darat bisa dipermudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Cara Daftar KIP Kuliah 2023

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement