Advertisement

3 Kabupaten Sepakati Kuntul Gunung, Detailnya Baru Dibahas Besok

Ujang Hasanudin
Senin, 12 Desember 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
3 Kabupaten Sepakati Kuntul Gunung, Detailnya Baru Dibahas Besok Ilustrasi suasana Pantai Parangtritis dipenuhi para wisatawan. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis mengatakan detail kerja sama pengembangan kepariwisataan kawasan pantai selatan DIY yang dilakukan Pemkab Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul baru akan dibahas pada Rabu (14/12/2022) mendatang.

“Rencana tanda tangan [kesepakatan ketiga pemangku wilayah] pada 14 Desember,” kata Helmi, Senin (12/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Meski baru akan dibahas kembali, tetapi sebelumnya ketiga pemangku wilayah Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul atau disebut dengan istilah Kuntul Gunung sudah dilakukan pada November lalu.

Objek kerja sama tersebut adalah pengembangan kepariwisataan kawasan selatan DIY yang dimiliki ketiga wilayah.

Ruang ligkup kerja sama tersebut, lanjut Helmi adalah pengembangan destinasi pariwisata, penguatan kelembagaan pariwisata, pengembangan usaha jasa pariwisata dan kreatif, pemasaran pariwisata, dan bidang lainnya.

BACA JUGA: Belajar Kelola Sampah dari Cara Cerdas Kalurahan Panggungharjo

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih saat meneken MoU dengan Kulonprogo dan Gunungkidul, mengatakan bahwa adanya kerja sama Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo dikarenakan adanya persamaan geografis yang terletak pada bagian selatan DIY.

Hal ini merupakan usaha untuk merealisasikan visi dan misi Gubernur DIY, Sri Sultan HB X untuk memberdayakan kawasan selatan dan mengembangkan infrastruktur setempat.

Sebab, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo memiliki tingkat pendapatan terendah di DIY dan angka kemiskinan tertinggi di DIY, dengan adanya kerja sama ini bisa dikembangkan bersama untuk mengejar ketertinggalan.

“Potensi yang dimiliki Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo ini bisa kita kembangkan bersama. Kita bisa bersinergi sehingga ketiga daerah ini bisa mengejar ketertinggalannya,” kata Abdul Halim.

Adanya penandatangan MoU ini membuka sekat-sekat kewilayahan dan memperluas kerja sama yang lebih baik lagi dan berkolaborasi lebih erat lagi antara Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo.

“Jika poros kerja sama kami yang satunya diberi nama Karta Mantul [Jogja, Sleman, dan Bantul], poros kerja sama yang baru ini kami namakan Kuntul Gunung, kepanjangan dari Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul,” ucap Halim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement