Advertisement

Tanah Mepet Rel Kereta di Tol Jogja YIA Bisa Dibebaskan, Ini Syaratnya

Sunartono
Selasa, 13 Desember 2022 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
Tanah Mepet Rel Kereta di Tol Jogja YIA Bisa Dibebaskan, Ini Syaratnya Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lahan yang berhimpitan dengan rel kereta api yang akan dilalui Tol Jogja Yogyakarta International Airport atau YIA akan diidentifikasi ulang. Lahan yang luasnya tidak sampai 100 meter akan dibebaskan.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Krido Suprayitno, mengatakan Tim Persiapan Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA akan mengidentifikasi ulang sisa bidang lahan yang berhimpitan dengan rel kereta api.

Advertisement

Jika kurang dari 100 meter, lahan tersebut bisa langsung diikutsertakan untuk dibebaskan. Akan tetapi jika lahan lebih dari 100 meter, tim akan mengkaji lagi untuk membebaskan lahan tersebut. “Dengan catatan kurang 100 meter dan tidak memiliki nilai ekonomi. Kalau lebih dari 100 meter harus ada tahap pengkajian oleh tim pengadaan tanah. Kalau sisanya layak untuk hunian ya tidak perlu dibebaskan, tetapi kalau tidak layak ya satu bidang sekalian,” ucap Krido, Selasa (13/12/2022).

Sementara, Pemda DIY kini mencari pemilik tujuh tanah tak bertuan di sepanjang jalur Tol Jogja YIA.

Krido Suprayitno mengatakan Tim Persiapan Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA telah mengumumkan lewat kalurahan untuk mencari identitas pemilik lahan tak bertuan.

“Jika tidak ada identitas yang jelas dari pemilik tujuh bidang tersebut tim persiapan belum dapat memproses ke konsultasi publik. Kami berharap dalam waktu dekat ini dapat segera teridentifikasi. Ini sudah kami umumkan di kalurahan terhadap kepemilikan tanah, sehingga tujuh orang tadi bisa dikenali untuk bisa kami undang dalam konsultasi publik. Memang ada beberapa hal yang perlu dilengkapi berkasnya, kami tidak bisa memproses untuk lanjut ke konsultasi publik jika tanpa identitas,” katanya.

BACA JUGA: Ini Alasan Pembangunan Tol Jogja YIA Didahulukan daripada Tol Jogja Solo di Ring Road Utara

Izin penetapan lokasi (IPL) pembangunan Tol Jogja Yogyakarta International Airport atau YIA berada di tangan warga yang lahannya dilalui jalur atau trase tol.

Jika warga cepat memberikan kelengkapan berkas saat konsultasi publik, IPL akan lebih cepat keluar. Tim Persiapan Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA nyaris merampungkan seluruh titik sosialisasi yang dimulai sejak 16 November 2022 lalu.

Sosialisasi di Kulonprogo secara keseluruhan telah tuntas. Adapun untuk Sleman hanya kurang satu titik di Kelurahan Sumberrahayu. Sosialisasi akan digelar pada Rabu (14/12/202) di Gor Sumberrahayu, Moyudan, Sleman. Sosialisasi terakhir di Sleman ini akan menyasar 359 bidang lahan terdampak pembangunan Tol Jogja YIA.

Adapun untuk wilayah Bantul, sosialisasi akan dimulai pada Senin (19/12/2022) mendatang di Kalurahan Argomulyo dengan menyasar 491 bidang lahan dan dilanjutkan pada Selasa (20/12) di Kalurahan Argosari dengan menyasar sebanyak 172 bidang lahan terdampak. Sosialisasi di wilayah Bantul ini hanya dilakukan di dua titik lokasi. Dengan demikian, tim persiapan nyaris menyelesaikan sosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kaesang Diduetkan dengan Anak Rudy di Pilkada Solo, Begini Kata Gibran..

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement