Advertisement

Pendampingan Halal Self Declare pada UMKM "Pempek Linn"

Media Digital
Jum'at, 16 Desember 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pendampingan Halal Self Declare pada UMKM UMKM pembuat pempek - Ist

Advertisement

JOGJA—Penerapan UU No.33/2014 tentang Jaminan Produk Halal mewajibkan segala produksi di bidang makanan minuman, obat dan kosmetika memiliki sertifikat jaminan halal. Hal ini merupakan upaya Pemerintah dalam melindungi masyarakatnya, sebagai konsumen mendapatkan produk-produk yang halal dan thoyyib.

DIY terdapat banyak UMKM yang usahanya belum berlabel halal. Agar pangsa pasar lebih luas dan lebih dipercaya masyarakat, sehingga diperlukan label halal pada kemasan selain PIRT.

Advertisement

Hal inilah memunculkan ide dari Pengabdian masyarakat Universitas Ahmad Dahlan untuk mengajak mitra UMKM Pempek Linn dalam mendampingi UMKM melengkapi dokumen halal self declare. Tim Pengabdian Masyarakat UAD ini terdiri dari Retty Ikawati, M.Sc dari prodi D4 Bisnis Jasa Makanan dan Dian Prasasti, M.Sc dari prodi S1 Farmasi. Kegiatan pendampingan ini dilakukan pada bulan Juni –November 2022. UMKM Linn yang didampingi lokasi nya berada di Jambidan, Banguntapan Bantul.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari Pelatihan Sistem Jaminan Halal (SJH) yang telah dilaksanakan pada 28 Juli 2022 secara luring di kampus 3 jalan Janturan Umbulharjo. Kegiatan ini meliputi sosialisasi mengenai SJH dan self declare dilanjutkan dengan pelatihan mengenai pemilihan bahan baku, keamanan produksi pangan, serta higienitas makanan. Kegiatan selanjutnya diadakan FGD SJH dengan UMKM telah dilaksanakan pada pada bulan Agustus 2022 secara daring dan luring yang bertempat di UMKM Pempek Linn.

Kegiatan pendampingan penyusunan SJH dilaksanakan bulan September – Agustus 2022. Selain Penyusunan SJH, UMKM juga difasilitasi dalam mendaftarkan perizinan usaha serta perbaikan marketing melalui branding di social media. Direncanakan pada bulan Januari 2023, UMKM akan didampingi untuk pendaftaran sertifikasi halal, sehingga pada akhir bukan Januari direncakan akan diadakan latihan audit.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement