Advertisement

Pelaku UMKM DIY Minta Event Diperbanyak untuk Dongkrak Penjualan

Sunartono
Sabtu, 17 Desember 2022 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pelaku UMKM DIY Minta Event Diperbanyak untuk Dongkrak Penjualan Pelaku UMKM dalam event Sibakul Urban Sportpreneur di Plaza Ngasem, pada Sabtu (17/12/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang telah dikurasi diberikan kesempatan memamerkan produknya dalam event Sibakul Urban Sportpreneur di Plaza Ngasem, pada Sabtu (17/12/2022) hingga Minggu (18/12/2022). 

Salah satu pelaku UMKM asal Kota Jogja Meutia mengatakan usahanya telah lolos kurasi yang dilakukan Dinas Koperasi dan UKM DIY sehingga diberi kesempatan untuk mengikuti pameran. Ia memiliki dua produk berupa nasi kebuli dan dimsum. “Kalau nasi kebuli kami sudah punya outletnya, untuk yang dimsum sementara hanya untuk melayani pesanan,” katanya saat ditemui di Plaza Ngasem.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Ia mengaku keberadaan event yang melibatkan UMKM sangat membantu meningkatkan penjualan. Berbeda dengan hari-hari biasa karena harus menunggu pembeli. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah lebih banyak menggelar event apa pun dengan melibatkan UMKM. Selain itu melalui event menjadi ajang promosi bagi usaha kecil di tengah masyarakat. Jika event diperbanyak maka UMKM mendapatkan ruang, penjualan dan produk meningkat sehingga bisa cepat naik kelas. 

"Kalau hari biasa kan kita UMKM menunggu pembeli, berbeda dengan saat ada event, pembelinya sudah ada dan kami tinggal siapkan produk terbaik. Harapannya event diperbanyak," katanya. 

Baca juga: Masih Banyak! Penjualan Tiket Pesawat Libur Nataru Belum Capai Separuh dari Target

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan upaya memfasilitasi UMKM melalui dinasnya terus ditingkatkan. Selama 2022 ini banyak event yang digelar dengan melibatkan para pelaku UMKM. Sehingga produk mereka dapat dipamerkan. Salah satunya kegiatan Sibakul Urban Sportpreneur sebagai upaya untuk mendekatkan UMKM dengan berbagai komunitas di DIY. 

"Kami sepakat untuk membuat event dengan melibatkan para pelaku UMKM dan komunitas. Karena kalau pemerintah sendiri butuh kolaborasi, menjadikan UMKM lebih dekat dengan pasar dan konsumen, ini tentu akan membuat UMKM naik kelas," katanya. 

Panitia Sibakul Urban Sportpreneur Septiadi Pityanta mengatakan kegiatan itu diikuti ratusan orang dari berbagai komunitas olahraga lari di DIY. Adapun rute larinya di area dalam Jeron Beteng, Kraton Jogja. Selanjutnya para peserta direkomendasikan untuk berbelanja di UMKM yang ikut di pameran. 

"Untuk UMKM kami melakukan kurasi dan yang masuk banyak sekali, karena terbatas sehingg kami memilih dengan berbagai pertimbangan. Prinsipnya banyak komunitas yang sepakat untuk mendukung UMKM naik kelas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Tertunda karena Pandemi, Pembangunan Masjid Agung Jateng di Magelang Akhirnya Dimulai

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement