Advertisement

Kembangkan Jaringan Usaha, Bupati Sleman Lantik Forkom UMKM

Anisatul Umah
Senin, 19 Desember 2022 - 01:47 WIB
Arief Junianto
Kembangkan Jaringan Usaha, Bupati Sleman Lantik Forkom UMKM Pengukuhan 37 pengurus Forkom UMKM, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu (17/12/2022). - Istimewa/Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo melantik 37 pengurus Forum Komunikasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Forkom UMKM) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu (17/12/2022). Salah satu tugas Forkom UMKM adalah menjadi mitra dinas, dalam mengembangkan jaringan usaha dan kemitraan UMKM.

Kustini menyampaikan Forkom UMKM ini sangat dibutuhkan untuk memperkuat eksistensi UMKM di Sleman. Di mana kepengurusannya melibatkan beberapa unsur, seperti praktisi, akademisi, dan media.

Advertisement

"Forkom UMKM Kabupaten Sleman ini dapat menjadi jembatan antara pemerintah dengan pelaku usaha dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Padukuhan," kata Kustini.

Dengan adanya Forkom UMKM semua informasi terkait dengan pelaku usaha seperti pelatihan, pameran, fasilitas Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikasi halal, hingga permodalan bisa tersampaikan dengan baik.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Godean Ngadu ke ORI, Disperindag Sleman Sebut Miskomunikasi

Menurutnya Forkom UMKM ini bisa menjadi media bertemunya produsen dengan konsumen. Tidak hanya tingkat nasional, tetapi juga tingkat internasional. Kustini berharap ke depan UMKM bisa semakin berkembang.

"Saya berharap Forkom UMKM dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk dapat mendampingi para anggota sehingga menjadi pelaku usaha yang berdaya saing global," lanjutnya.

Pengukuhan Forkom UMKM ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Sleman kepada Ketua Forkom UMKM Sleman, Marsono Boedi Raharjo. SK ini menjadi dasar pembentukan Forkom UMKM. "Forkom UMKM juga dapat menjadi penghubung pelaku UMKM dengan konsumen baik lokal, nasional maupun internasional."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement