Advertisement

Rawan Kecelakaan, Jalur Cinomati Bantul Dihapus dari Google Maps

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 22 Desember 2022 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
Rawan Kecelakaan, Jalur Cinomati Bantul Dihapus dari Google Maps Mobil rombongan keluarga yang tak kuat menanjak di Jalur Cinomati, Bantul, Kamis (5/5/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul sedang memproses penghapusan Jalur Cinomati dari Google Maps. Penghapusan itu merupakan upaya agar wisatawan tidak melewati jalur rawan kecelakaan tersebut.

Kasatlantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan, mengatakan kepolisian telah berkirim surat bersama Diskominfo Bantul agar Jalur Cinomati segera hilang dari Google Maps.

Advertisement

“Kami memang sudah bersurat dengan Diskominfo. Sekarang sudah dalam proses penghapusan. Soalnya Jalur Cinomati tanjakannya terjal dan rawan kecelakaan,” kata Fikri, Kamis (22/12/2022).

Fikri menegaskan kontur tanjakan Cinomati yang sangat curam membuat jalur tersebut susah dilewati. Padahal, katanya, banyak kendaraan yang melintasi jalur tersebut karena sopir menggunakan Google Maps.

BACA JUGA: Dentuman Keras pada Kamis Siang di Gunungkidul Masih Jadi Misteri

“Kalau ada orang luar DIY yang belum tahu kondisi jalan di provinsi ini lalu diarahkan Google Maps ke Jalur Cinomati kan bahaya. Padahal jalu itu rawan terjadi kecelakaan karena memang konturnya sangat curam,” katanya.

Fikri mengatakan penghapusan jalur tersebut dari Google Maps sudah pernah dilakukan dan cukup efektif. Kendati demikian, kepolisian akan tetap melakukan pemantauan dengan menempatkan petugas di lapangan sebagai upaya antisipasi laka lantas.

“Beberapa jalur yang rawan kecelakaan saat libur nataru ada di Jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di daerah wisata Bukit Bintang, Jalan Parangtritis, dan Jalan Mangunan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement