Advertisement

Tak Hanya Bantul, Tren Kasus TBC di Sleman Ternyata Juga Meningkat

Anisatul Umah
Kamis, 22 Desember 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Tak Hanya Bantul, Tren Kasus TBC di Sleman Ternyata Juga Meningkat Ilustrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman mencatat kasus tuberkulosis (TBC) di Sleman trennya meningkat dari tahun ke tahun.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Sleman, Khamidah Yuliati menyampaikan total kasus TBC di Sleman per 22 Desember 2022 sejumlah 1.632 kasus.

Advertisement

Dari 1.632 kasus ini rinciannya TBC sensitif obat (SO) 1.600 kasus, dan resisten obat (RO) 32 kasus. Kasus 2022 naik dibandingkan 2021 sebanyak 1.014 kasus, dengan rincian SO sebanyak 992 kasus dan RO sebanyak 22 kasus.

Sementara pada 2020, total jumlah kasusnya sedikit lebih rendah yakni 960 kasus. Dengan rincian SO sebanyak 936 kasus dan RO sebanyak 24 kasus.

BACA JUGA: Polda DIY Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Obat Keras

Menurutnya ada beberapa sebab dari peningkatan kasus ini. Di antaranya banyak pendatang di wilayah Sleman. Beberapa wilayah di Sleman memiliki kepadatan yang tinggi.

"Juga kurang pengetahuan tentang TBC sehingga masyarakat tidak tahu jika memiliki gejala TBC," ucapnya kepada Harianjogja.com, Kamis (22/12/2022).

Selain itu, menurutnya jumlah kasus trennya meningkat akibat pandemi Covid-19. Seiring dengan melandainya kasus aktif semakin banyak masyarakat yang datang ke puskesmas untuk melakukan skrining. "Berdampak [pandemi Covid-19]. Dengan melandainya Covid-19 orang sudah berani ke puskesmas dan mau untuk skrining juga," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan berbagai upaya pencegahan juga dilakukan. Di antaranya dengan investigasi kontak, penyuluhan, hingga skrining TBC di lokasi-lokasi rentan. "Upaya pencegahan kami lakukan," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement