Advertisement

Ini Sejumlah Pusat Keramaian di Bantul Saat Malam Tahun Baru

Ujang Hasanudin
Jum'at, 23 Desember 2022 - 09:17 WIB
Bhekti Suryani
Ini Sejumlah Pusat Keramaian di Bantul Saat Malam Tahun Baru Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah wilayah di Bantul diprediksi menjadi pusat keramaian saat malam pergantian tahun nanti.

Adapun pusat keramaian yang dimungkinkan terjadi pada malam pergantian tahun adalah sekitar Jogja expo Center (JEC), Janti Flyover, Lapangan Paseban, depan pasar Bantul, Bukit Bego, Bukit Dermo, Parangtritis, Gunung Wangi, Bukit Amben, Bukit Bintang, Puncak Sosok, Pasar Seni Gabusan, Jembatan Lama Srandakan dan Pantai Baru.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Untuk mengamankan pusat keramaian itu, Polres Bantul menerjunkan ribuan personel. Polres Bantul akan mengerahkan sebanyak 1.030 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan malam pergantian Tahun Baru 2023. Jumlah personel tersebut terdiri dari Polres dan Polsek. Belum termasuk bantuan personel dari Polda DIY, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, dan sejumlah sukarelawan dari masyarakat.

“Kami libatkan 1.030 personel mulai malam Natal dan Tahun Baru 2023. Kita akan maksimal agar Bantul kondusif,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, Kamis (22/12/2022).

Ihsan mengatakan personel tersebut akan disebar ke sejumlah titik, mulai dari gereja, pos pengamanan, pos pemantauan, dan pusat-pusat keramaian. Pos pengamanan ada empat, yakni di Sedayu, TPR Induk Parangtritis, simpang empat Druwo Jalan Parangtritis, dan simpang tiga Piyungan Jalan Jogja-Wonosari.

Sementara pos pemantauan ada dua, yakni di Jalur Cinomati Pleret, dan kawasan wisata Mangunan, Dlingo.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca, Jumat (23/12/2022), Pagi Hari Hujan Ringan Sampai Sedang

Polres Bantul dan jajaran satuan kewilayahan didukung TNI, instansi atau lembaga serta mitra kamtibmas lainnya telah menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022. Apel Operasi Lilin digelar di halaman Mapolres Bantul yang dihadiri Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo.

“Kami akan mengedepankan kegiatan pencegahan dengan didukung deteksi dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman, selamat, tertib, lancar dan sehat,” tandas Ihsan.

Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo mengatakan Forkompinda akan mengelar kegiatan monitoring persiapan perayaan Natal di sejumlah gereja di Bantul. “Kegiatan itu dilakukan dalam rangka silaturahmi, ngaruhke dewan paroki juga romo yang aa di gereja, juga para pendeta berkaitan persiapan pelaksnaaan peribadatan maupun perayaan Natal sekaligus melakukan upaya bagaimana ada koordinasi agar kegiatan itu berlangsung baik, lancar, aman dan nyaman,” kata Joko.

Joko mengimbau kepada umat Kristiani yang besok akan melaksanakan ibadah Misa di gereja di wilayah Bantul tetap melaksanakan dengan baik dan tetap menjaga protokol kesehatan, mentaati taati apa yang menjadi anjuran pemerintah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Turki, Kemlu Evakuasi 104 WNI yang Terdampak

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement