Advertisement

Hujan Angin di Sleman Tumbangkan Puluhan Pohon

Anisatul Umah
Sabtu, 24 Desember 2022 - 17:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Hujan Angin di Sleman Tumbangkan Puluhan Pohon Hujan angin menyebabkan pohon tumbang di Sleman. / Dok. BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di sejumlah titik di Sleman pada Jumat sore (23/12/2022). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mencatat puluhan pohon tumbang dan beberapa rumah rusak akibat hujan angin ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro mengatakan angin kencang terjadi di 20 titik. Hujan angin ini menyebabkan tujuh rumah mengalami rusak ringan, 21 pohon tumbang, dua jaringan listrik, terdampak serta satu fasilitas GOR rusak.

Advertisement

"Kerugian akibat hujan angin diperkirakan mencapai Rp9,5 juta. Dampak lainnya longsor menimpa satu fasilitas pendidikan dan kandang unggas dengan kerugian diperkirakan Rp20 juta," ucapnya, Sabtu (24/12/2022).

Dia menjelaskan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY telah memberikan peringatan pada potensi hujan sedang hingga lebat pada jam 15.40 WIB. Kemudian pada jam 18.00 WIB hujan akan disertai petir dan angin kencang diperkirakan sampai jam 18.30 WIB.

"Mulai jam 15.40 WIB terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Sleman," paparnya.

Hujan angin ini menyebabkan kerusakan sporadis tersebar di sembilan kapanewon, yakni Cangkringan, Mlati, Minggir, Ngaglik, Pakem, Seyegan, Sleman, Tempel, dan Turi. Meski terjadi kerusakan, namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Tindak lanjut dari peristiwa kemarin, kata Bambang, pada hari ini Sabtu (24/12/2022) dilakukan penanganan lanjutan di Kapanewon Mlati dan Minggir.

"Upaya yang dilakukan asesmen dampak kejadian, pemotongan pohon tumbang, dan droping logistik pangan dan non pangan kepada korban terdampak," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement