Advertisement

Liburan Natal, Pengunjung Objek Wisata di Bantul Belum Ada Lonjakan

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 25 Desember 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Liburan Natal, Pengunjung Objek Wisata di Bantul Belum Ada Lonjakan Ilustrasi TPR Parangtritis. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Tidak ada lonjakan wisatawan di Bantul selama dua hari (24-25/12/2022) kendati telah memasuki libur Natal dan Tahun Baru.

Menurut pantauan Harianjogja.com di beberapa ruas jalan, terutama yang menuju kawasan pantai, memang terdapat antrean kendaraan tetapi tidak menimbulkan situasi macet. Situasi tersebut tidak jauh beda dengan akhir pekan biasanya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Pos PAM Parangtritis, Paidi mengatakan tidak ada antrian kendaraan di TPR Parangtritis yang menyebabkan kemacetan. “Situasinya jalan landai tidak ada antrean kendaraan. Sama seperti akhir pekan biasanya,” kata Paidi Minggu (25/12/2022).

Tidak hanya di kawasan TPR Parangtritis, arus lalu lintas di sekitar 100 meter ke barat dan selatan di Simpang Empat Bakulan juga landai tanpa ada kemacetan termasuk di Simpang Jembatan Kretek.

Pengelola Pantai Baru, Suwandi, mengatakan wisatawan di Pantai Baru justru menurun dibanding akhir pekan lalu. “Jumlah wisatawan itu turun, tidak seramai akhir pekan lalu. Soalnya kan tadi juga hujan jadi wisatawan yang datang yang sudah booking tempat buat acara,” kata Suwandi, Minggu.

BACA JUGA: Pastikan Ibadah Natal Aman, Penjinak Bom Sterilisasi 5 Gereja Di Bantul

Suwandi mengatakan rata-rata jumlah wisatawan di hari Minggu mencapai 5.000 orang. Tegasnya, jumlah tersebut tentu turun akibat hujan.

Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan terdapat kenaikan pengunjung di Kawasan Pantai Parangtritis mencapai 38.258 orang.

Jumlah tersebut naik 15,5% dibanding akhir pekan lalu yang hanya mencatatkan angka 33.394. Terdapat penambahan 4.864 wisatawan selama 23-25 Desember.

“Angka tersebut naik akibat sudah mulai libur sekolah maupun Natal dan Tahun Baru. Dari jumlah itu PAD [Pendapatan Asli Daerah] yang diperoleh mencapai Rp372 juta,” kata Markus.

Sedangkan jumlah wisatawan selama sepekan mulai dari 19-25 Desember mencapai 67.255 orang dengan PAD mencapai Rp654,2 juta. Angka itu naik 4% dari pekan lalu yang hanya mencapai Rp462,7 juta.

Sementara dua pusat oleh-oleh di Bantul yaitu Bakpia Pathok Bu Vera dan Mbok Tumpuk tidak mendapat pengunjung yang signifikan.

Karyawan Bakpia Pathuk Bu Vera, Norma Nirmala mengatakan per Sabtu (24/12/2022) memang ada penambahan pengunjung tetapi memang belum tidak signifikan. “Hari ini [Sabtu] ada 15 bus yang datang,” kata Vera, Sabtu.

Sementara itu, karyawan Mbok Tumpuk, Danang, mengaku ada cukup banyak pembeli yang datang. “Lumayan banyak sih hari ini [Sabtu]. Minggu-minggu ini ada peningkatan pengunjung, lumayan ramai sih,” kata Danang, Sabtu.

Berbeda dengan Bu Vera dan Mbok Tumpuk, pusat oleh-oleh Bumi Jawa Bakpia Pathok Song Jie 01 justru tidak ada penambahan pengunjung.

“Jumlah pengunjung sama saja dengan weekend pekan lalu. Tidak banyak yang datang. Terlebih setelah pembatas jalan depan itu dipasang jadi berkurang pengunjungnya,” kata Sri Rahayu ditemui pada Minggu, (25/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Besar Guncang Turki, 500 Warga Negara Indonesia Terkena Dampaknya

News
| Senin, 06 Februari 2023, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement