Advertisement

Perombakan Eks Hotel Mutiara I Jadi Sentra UMKM Premium Dilakukan April Tahun Depan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 27 Desember 2022 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Perombakan Eks Hotel Mutiara I Jadi Sentra UMKM Premium Dilakukan April Tahun Depan Hotel Mutiara di Jl. Malioboro Kota Jogja. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Eks Hotel Mutiara I nantinya digunakan sebagai sentra UMKM serta ruang ekonomi kreatif dengan nama Plataran Jogja Kreatif.

Rencananya, pengerjaan konstruksi tempat itu akan dimulai Maret atau April tahun depan. Di tahun yang sama pula, diperkirakan soft launching-nya dapat dilakukan. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Koperasi dan Usaha Menengah Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) DIY, Wisnu Hermawan membenarkan bahwa tahun depan pengerjaan konstruksi bangunan eks Hotel Mutiara I akan mulai dikerjakan. 

“Tahun depan akan direkonstruksi lagi, ditata lagi sesuai DED-nya. Nanti ruangannya kami perbaiki lagi, bukan berupa kamar hotel tetapi sebagai Plataran Jogja Kreatif,” katanya. 

BACA JUGA: DPRD Jogja Kritik Perilaku Wisatawan yang Parkir Sembarangan

Wisnu mengatakan, awal tahun depan, lelang pembangunan akan dilakukan yang diperkirakan memakan waktu dua bulan. “Lelang kan maksimal dua bulanan, kalau Januari [lelang], maret atau April 2023 kita mulai pembangunan,” katanya. 

Menurut Wisnu, perkiraan konstruksi bangunan adakan dikerjakan dalam kurun waktu 6-8 bulan. Setelah itu, dilakukan pengerjaan interior bangunan. Dengan perkiraan waktu tersebut, Wisnu menyatakan perkiraan soft launching dapat dilakukan pada tahun tersebut.

Dia mengaku akan mengkaji lebih lanjut terkait dengan berapa banyak UMKM yang dapat menempati bangunan tersebut serta bagaimana kualifikasi UMKM-nya. “Saya belum bisa bicara sekarang berapa UMKM yang dapat ditampung, tetapi yang jelas untuk UMKM yang agak premium,” terangnya. 

“Nanti semua UMKM kami kurasi oleh tim ahli. Semua UMKM yang layak, yang punya produk bagus dan menarik tentu kami berikan ruang di eks Hotel Mutiara I,” katanya. 

Wisnu menyampaikan hingga saat ini Diskop UKM DIY belum bekerja sama dengan pihak lain dalam rangka pemasaran produk UMKM yang akan ada di eks Hotel Mutiara I. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Golkar Curiga Ada Pihak Ingin Amandemen UUD 1945

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement