Advertisement

Perombakan Eks Hotel Mutiara I Jadi Sentra UMKM Premium Dilakukan April Tahun Depan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 27 Desember 2022 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Perombakan Eks Hotel Mutiara I Jadi Sentra UMKM Premium Dilakukan April Tahun Depan Hotel Mutiara di Jl. Malioboro Kota Jogja. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Eks Hotel Mutiara I nantinya digunakan sebagai sentra UMKM serta ruang ekonomi kreatif dengan nama Plataran Jogja Kreatif.

Rencananya, pengerjaan konstruksi tempat itu akan dimulai Maret atau April tahun depan. Di tahun yang sama pula, diperkirakan soft launching-nya dapat dilakukan. 

Advertisement

Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Koperasi dan Usaha Menengah Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) DIY, Wisnu Hermawan membenarkan bahwa tahun depan pengerjaan konstruksi bangunan eks Hotel Mutiara I akan mulai dikerjakan. 

“Tahun depan akan direkonstruksi lagi, ditata lagi sesuai DED-nya. Nanti ruangannya kami perbaiki lagi, bukan berupa kamar hotel tetapi sebagai Plataran Jogja Kreatif,” katanya. 

BACA JUGA: DPRD Jogja Kritik Perilaku Wisatawan yang Parkir Sembarangan

Wisnu mengatakan, awal tahun depan, lelang pembangunan akan dilakukan yang diperkirakan memakan waktu dua bulan. “Lelang kan maksimal dua bulanan, kalau Januari [lelang], maret atau April 2023 kita mulai pembangunan,” katanya. 

Menurut Wisnu, perkiraan konstruksi bangunan adakan dikerjakan dalam kurun waktu 6-8 bulan. Setelah itu, dilakukan pengerjaan interior bangunan. Dengan perkiraan waktu tersebut, Wisnu menyatakan perkiraan soft launching dapat dilakukan pada tahun tersebut.

Dia mengaku akan mengkaji lebih lanjut terkait dengan berapa banyak UMKM yang dapat menempati bangunan tersebut serta bagaimana kualifikasi UMKM-nya. “Saya belum bisa bicara sekarang berapa UMKM yang dapat ditampung, tetapi yang jelas untuk UMKM yang agak premium,” terangnya. 

“Nanti semua UMKM kami kurasi oleh tim ahli. Semua UMKM yang layak, yang punya produk bagus dan menarik tentu kami berikan ruang di eks Hotel Mutiara I,” katanya. 

Wisnu menyampaikan hingga saat ini Diskop UKM DIY belum bekerja sama dengan pihak lain dalam rangka pemasaran produk UMKM yang akan ada di eks Hotel Mutiara I. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement