Advertisement

Bawaslu DIY Minta KPU Terbuka soal Akses Data Proses Pemilu

Hadid Husaini
Rabu, 28 Desember 2022 - 07:27 WIB
Sunartono
Bawaslu DIY Minta KPU Terbuka soal Akses Data Proses Pemilu Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY menyampaikan akan terus berkomitmen dalam mengawasi Proses Pemilihan Umum (Pemilu) termasuk dalam pendataan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anggota Bawaslu, Bayu Mardinta Kurniawan yang menganggap potensi pelanggaran bisa saja terjadi. “Kami mendorong untuk aplikasi yang ada di KPU, Sistem Informasi Pencalonan [Silon] bisa kami akses,” kata Bayu.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Cegah KPU-Bawaslu Terjerat KPK, Ketua DKPP 

Ia akan mengkomunikasikan dengan KPU terkait aplikasi Silon agar dapat diakses. Karena dengan mendapatkan akses terhadap Silon tersebut Bawaslu akan melakukan sampling terhadap data yang ada. “Ini kami perlukan sehingga pada saat serempak verifikasi faktual kami bisa mengawasi secara berkelanjutan, nanti akan kami sampling lagi ada kasus apa tidak," ujarnya.

Ditanya soal potensi pelanggaran, Bayu mengatakan Bawaslu akan mengedepankan prioritas pada target pencegahan kepada berbagai pihak seperti pada gelaran pemilu sebelumnya. Menurutnya saat ini belum terlihat indikasi nyata dalam pelanggaran Pemilu. Kondisi krusial biasanya terjadi menjelang dan pada saat proses pemilu yang diperkirakan akan banyak terjadi pelanggaran prosedur yang sebenarnya sudah ditetapkan baik oleh KPU atau Bawaslu.

“Kami tentu akan melibatkan elemen masyarakat dalam melakukan pengawasan dan pencegahan,” ucapnya.

Bawaslu meminta pihak penyelenggara dalam hal ini KPU terutama dalam dukungan terhadap pencalonan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk berpartisipasi dalam melakukan sosialisasi terhadap penyalahgunaan data pendukung. Bawaslu dalam menyukseskan pemilu yang bersih akan melakukan sosialisasi terkait penggunaan data jika KPU belum menyosialisasikan sehingga dapat meminimaisir pelanggaran yang terjadi.

BACA JUGA : Tekan Golput Mahasiswa, Bawaslu Sleman Akan Gandeng

“Terkait dengan dukungan ke DPD apakah KPU juga melakukan sosialisasi ke masyarakat? Jangan sampai masyarakat dengan mudah memberikan data,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Penyebab Parahnya Gempa Bumi di Turki dan Suriah

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement