Advertisement

Survei Capres Sasar 50 Kalurahan di DIY, Siapa Paling Unggul? Ini Data Lengkapnya

Sunartono
Jum'at, 30 Desember 2022 - 07:37 WIB
Bhekti Suryani
Survei Capres Sasar 50 Kalurahan di DIY, Siapa Paling Unggul? Ini Data Lengkapnya Ilustrasi Pemilu. (JIBI)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebuah lembaga penelitian Kolasse merilis hasil penelitian Capres yang secara khusus menyasar responden di DIY dengan menyasar 50 Kalurahan pada lima kabupaten dan kota. Survei ini menempatkan sejumlah nama unggul seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Andika Perkasa hingga Ridwan Kamil.

Survei itu dilakukan dengan proporsi responden berdasarkan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Sampel pada penelitian ini sebesar 484 responden dengan komposisi gender seimbang, margin of error ± 4,45% dan tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan data dilakukan pada 8–18 Desember 2022. Wawancara dilakukan secara tatap muka. Responden dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling.

Advertisement

BACA JUGA : Survei Capres: Ganjar Masih Terdepan, Dibayangi Anies

"Responden yang berasal dari kelompok usia 17–25 tahun sebanyak 24,4 persen, 26–41 tahun 37,2 persen, dan 42–57 tahun adalah 38,4 persen," kata Chief Operating Officer Kolasse Satria Aji Imawan dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (29/12/2022).

Hasil survei menunjukkan Prabowo Subianto menjadi tokoh paling dikenal masyarakat DIY (95,2%). Menyusul kemudian nama Ganjar Pranowo (92,6%), Anies Baswedan (83,9%), dan Sandiaga Uno  82,6%). Adapun tokoh yang paling disukai antara lain Ganjar Pranowo disusul Ridwan Kamil, Andika Perkasa, Sandiaga Uno dan Muhaimin Iskandar. Dalam hal elektabilitas tokoh nasional, responden menyebut nama Ganjar Pranowo sebagai tokoh paling diharapkan menjadi presiden pada masa mendatang. Elektabilitas Ganjar mencapai 42,8%, disusul Joko Widodo 10,9%, dan Prabowo Subianto 10,1%.

Dari sisi elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 57,7%, Prabowo Subianto 14,7%, Anies Baswedan 7,5%, Ridwan Kamil 4,1%, dan Andika Perkasa 2,6%. Survei juga menyertakan pertanyaan terkait pertimbangan terbesar masyarakat dalam memilih capres pada pemilu mendatang. Hasilnya rekam jejak pekerjaan 37,1%, popularitas 14,5% dan anggapan bahwa tokoh terkait adalah sosok pembaharu sebanyak 7%.

BACA JUGA : Survei: Dipasangkan dengan Ganjar atau Anies, Airlangga

Terkait sosok wakil presiden pilihan responden di antaranya nama Ridwan Kamil muncul sebagai yang teratas  dengan angka 9,4 persen disusul Sandiaga Uno 7,4%, Ganjar Pranowo 6,7%, Prabowo Subianto 4,3%, dan Erick Thohir 3,4%.

Sebanyak 52% responden mengaku membayangkan sosok presiden merakyat apabila orangnya sering blusukan. Adapun 30lainnya menilai pemimpin merakyat jika mengedepankan dialog dengan warga.

Dalam isu politik uang, sebesar 68,8% warga DIY pesimistis praktik itu akan hilang di Indonesia dan 25,8% responden mengatakan akan menerima dan memilih kandidat yang diminta apabila menerima uang.

"Problem potensial utama dari Pemilu serentak di DIY bukan hanya pada politik uang, namun politik identitas. Tingkat kepercayaan dan kepuasan masyarakat yang tinggi di DIY menjadi modal sosial bagi pemerintah daerah untuk melakukan campaign awareness Pemilu bersih,” Dosen Administrasi Publik, Undip ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejar Pertumbuhan Pelanggan Baru, XL SATU Hadirkan Paket Mulai Rp276 Ribu

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Bukan Kompetitor, Wisata Joglosemar Diminta Lebih Bersinergi

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement