Advertisement

Cegah Kemacetan, Alun-Alun Selatan Jogja Ditutup Jelang Malam Pergantian Tahun

Yosef Leon
Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:37 WIB
Sunartono
Cegah Kemacetan, Alun-Alun Selatan Jogja Ditutup Jelang Malam Pergantian Tahun Ilustrasi pesta kembang api pada perayaan tahun baru - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Perangkat kewilayahan di kawasan Kraton Jogja berencana untuk menutup akses masuk ke area Alun-alun selatan pada perayaan malam Tahun Baru mendatang. Penutupan akses akan dimulai sejak pukul 18.00 Wib pada 31 Desember 2022 sampai pukul 06.00 Wib 1 Januari 2023 untuk kelancaran arus lalu lintas dan keamanan di kawasan sekitarnya. 

Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Sumargandi menerangkan, penutupan akses ke kawasan Alun-alun selatan tersebut mengulang kebijakan tahun sebelumnya. Upaya ini diambil untuk memastikan agar kelancaran lalu lintas tetap mengalir di kawasan sekitarnya. Sebab diprediksi kerumunan pengunjung akan memadati area itu pada perayaan malam Tahun Baru nanti dan berdampak pada kelancaran arus. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Sekarang harian biasa saja sudah penuh apalagi di puncak besok takutnya tidak bisa jalan saking padatnya," kata Sumargandi, Jumat (2)30/12/2022). 

Penutupan akses nantinya akan dilakukan oleh petugas dari Polsek, Koramil dan BKO Satuan Polisi Pamong Praja di wilayah setempat. Aparat akan memasang pagar pembatas di sejumlah ruas jalan penghubung ke kawasan Alun-alun selatan untuk mencegah pengunjung masuk. 

"Kalau mau masuk ya nanti dihalau petugas. Tapi kalau yang sudah terlanjur misalnya yang sudah ada di sana sebelum pukul 18.00 WIB 31 Desember ya tidak apa-apa," jelasnya.

Pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati momentum pergantian tahun di kawasan Sumbu Filosofi, kata Sumargandi, bisa memilih area lain yang tidak ditutup. Misalnya saja Titik Nol Kilometer, Malioboro atau Tugu Pal Putih. Meski akses ditutup pihaknya tidak melarang adanya aktivitas di kawasan tersebut sepanjang malam pergantian tahun nanti. 

"Kita sudah koordinasikan dengan berbagai pihak termasuk pihak Kraton dan disetujui. Pengunjung dan wisatawan kita harapkan memaklumi dan masih bisa menikmati suasana Tahun Baru pada pagi harinya," jelas dia. 

Staf Humas Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat Vinia R. Prima mengatakan, rencana penutupan akses ke Alun-alun selatan diusulkan oleh perangkat kewilayahan di kawasan Kraton lewat surat bertanggal 19 Desember lalu. Setelah dicermati, Kawedanan Hageng Panitra Pura menyetujui usulan itu dengan pertimbangan keamanan ketertiban, potensi macet serta kerawanan lainnya. 

"Teknis pelaksanaan berada di kewenangan perangkat kewilayahan dan sudah kita koordinasikan," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daya Beli Masyarakat Rendah, Indef Sebut Gara-gara Harga BBM Naik

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement