Advertisement

4.000 Meter Persegi Ruang Produksi PT BRA di Bantul Kebakaran

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 31 Desember 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4.000 Meter Persegi Ruang Produksi PT BRA di Bantul Kebakaran Petugas Pemadam Kebakaran Sedang Memadamkan Api Dari Atap PT Busana Remaja Agracipta (BRA) Jonggrangann, Kapanewon Bantul, Bantul terbakar Sabtu, (31/12/2022). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—PT Busana Remaja Agracipta (BRA) Jonggrangan, Kapanewon Bantul, Bantul terbakar pada Sabtu, (31/12/2022) pukul 09.30 WIB. Kebakaran yang disinyalir akibat hubungan arus pendek tersebut membakar ruang produksi seluas 4.000 meter persegi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Agus Yuli Herwanto, mengatakan BPBD mengerahkan seluruh pemadam kebakaran yang ada.

Advertisement

“Kami punya delapan tapi ada tujuh yang sudah kami kerahkan berasal dari pos induk dan pos damkar yang ada di kapanewon,” kata Agus ditemui di TKP pada Sabtu, (31/12/2022).

Selain itu, proses pemadaman juga dibantul oleh pos damkar Kabupaten Sleman, Kota Jogja, dan UGM. Masing-masing mengirimkan satu unit pemadam kebakaran. Tagana dan TNI juga membantu dengan mengirim tangki air.

Proses pemadaman tersebut masih berlangsung hingga artikel ini diterbitkan. Kurang lebih lima jam sejak kebakaran terjadi, kata Agus, tidak ada korban jiwa. Hanya saja, ada lima orang yang mengalami histeris. Tiga orang yang merupakan karyawan PT BRA tersebut dapat ditangani di TKP sementara dua yang lain harus dibawa ke PKU Muhammadiyah. 

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas di Kulonprogo Naik Drastis, 27 Nyawa Melayang Sepanjang 2022

Selain karyawan, ada dua anggota BPBD yang terluka ketika proses pemadamam. Kata Agus, mereka terkena pecahan kaca.

Di hari biasa, kata Agus, karyawan yang ada sekitar 500 orang. Menurut Manajer PT BRA, hari Sabtu merupakan hari libur. Kendati demikian, di lokasi tampak beberapa karyawan termasuk lima orang yang histeris. 

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang meninjau proses pemadaman, mengatakan turut prihatin atas kejadian tersebut.

“Pemerintah daerah prihatin atas peristiwa ini karena hal ini menyangkut mata pencaharian banyak orang, banyak buruh. Sehingga kami terus melakukan bantuan-bantuan agar kebakaran ini segera bisa dipadamkan. Seluruh kekuatan damkar Bantul sudah kami kerahkan semuanya. Itupun masih kurang. Karena itu kami minta bantuan dari kabupaten lain agar dapat melakukan percepatan pemadaman,” kata Halim ditemui di TKP pada Sabtu, (31/12/2022).

Selain itu, SAR DIY Distrik Bantul juga telah mengirim 66 anggotanya agar membantu proses pemadaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kru Lion Air yang Tabrak Garbarata di Merauke Negatif Alkohol & Narkoba

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement