Advertisement

Bus Sekolah Kini Resmi Melintasi 13 Sekolah di Kulonprogo, Ini Daftarnya

Catur Dwi Janati
Senin, 02 Januari 2023 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Bus Sekolah Kini Resmi Melintasi 13 Sekolah di Kulonprogo, Ini Daftarnya Armada bus sekolah Dishub Kulonprogo mulai dioperasikan, Senin (26/1/2023). - Istimewa/Dishub Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bus sekolah Dishub Kulonprogo resmi dioperasikan kembali di awal 2023 ini. Setelah uji coba pada Oktober 2022 lalu, rute bus sekolah dipastikan melintasi 13 sekolah.

Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo Lucius Bowo Pristyanto mengatakan bus sekolah kembali dioperasikan pada Senin (2/1/2023), tepat di hari pertama masuk sekolah.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Layanan pagi dan sore," kata dia.

BACA JUGA: Pekan Ini Seluruh Pedagang Pasar Godean Sudah Pindah ke Lokasi Transit

Tidak ada perubahan yang signifikan dari operasional bus sekolah saat ini dengan masa uji coba pada Oktober 2022 lalu. Namun, ada trayek yang digeser lantaran jalan yang dilewati terlampau sempit untuk bus sekolah.

"Lampu merah Tambak ke kanan adalah daerah permukiman dengan jalanan sempit. Jadi enggak bagus. Kemudian kami geser ke arah Toyan ke timur. Hanya itu yang geser," ujarnya.

Bus sekolah tiap hari bergerak mulai pukul 06.00 WIB. Sementara untuk waktu penjemputan sekolah, armada akan mulai bergerak mulai pukul 15.00 WIB. Satu armada bus sekolah mampu mengangkut 27 siswa sekali berangkat

"Jumlah armadanya masih tetap dua. Dengan rute crossing sampai ke kantor Dishub Kulonprogo ke arah barat ke arah Toyan baru ke timur," tambahnya.

Bowo menilai rute bus sekolah saat ini sudah cukup menjangkau sejumlah sekolah. "Sudah menerima masukan teman-teman sekolah itu kemarin," ujarnya.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kulonprogo Ngatini menyebut penumpang bus sekolah di hari pertama dua siswa saat jam berangkat dan empat siswa saat pulang sekolah. Ngatini menilai pengoperasian bus sekolah yang belum tersampaikan secara luas kepada masyarakat.

"Ada [sosialisasi] lewat media, seperti Instagram. Informasi juga kami sampaikan pada para kepala-kepala sekolah di wilayah perkotaan Wates. Dengan harapan para kepala sekolah meneruskan informasinya kepada peserta didiknya," ujarnya.

Bus akan melintasi 13 sekolah di kawasan Wates secara menyilang. Bus A atau bus pertama akan berangkat dari kantor Dishub Kulonprogo ke arah SMP Muhammadiyah 2 Wates, SMPN 2 Wates, SMAN 2 Wates, SMK Muhammadiyah 2 Wates, MAN 2 Kulonprogo, SMK Muhammadiyah 1 Wates, SMKN 1 Pengasih, SMPN 1 Pengasih, MAN 1 Kulonprogo, SMPN 1 Wates, SMPN 4 Wates dan terakhir SMPN 5 Wates. Sementara bus B atau bus kedua melewati belasan sekolah yang sama dengan arah kebalikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement