Advertisement

Pekan Ini Seluruh Pedagang Pasar Godean Sudah Pindah ke Lokasi Transit

Anisatul Umah
Senin, 02 Januari 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Pekan Ini Seluruh Pedagang Pasar Godean Sudah Pindah ke Lokasi Transit Lokasi transit pedagang Pasar Godean di Sidokarto, Senin (2/1/2023). - Harian Jogja./Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Seluruh pedagang Pasar Godean akan berpindah ke lokasi transit pekan ini. Pasalnya pada 10 Januari 2023 mendatang, Pasar Godean sudah dirobohkan dan pembangunan fisik akan dimulai pada Februari 2023.

Beberapa pedagang pagi tadi, Senin (2/1/2023) tampak sibuk membereskan calon tempatnya berdagang selama masa pembangunan di lokasi transit Sidokarto, Kapanewon Godean. Salah satu pedagang makanan, Ngatini, 52 mengeluhkan lokasi transit yang masih becek jalannya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Seluruh pedagang telah bersepakat untuk pindah maksimal pada Jumat (6/1/2023). Dari tiga lokasi transit yang disediakan Sidokarto, Kuliner Belut, dan Pasar Hobbies menurutnya pedagang boleh memilih.

"Mulai 6 Januari semua sudah enggak ada yang di pasar. Saya sendiri jualan makan seperti nasi rames. Saya baru nempatin kalau sudah enggak becek," ucapnya, Senin (2/1/2023).

BACA JUGA: Tiga Pasar Tradisional di Jogja Akan Direvitalisasi, Ini Daftarnya

Dia berharap agar bisa menempati lokasi transit ini seterusnya sampai Pasar Godean selesai dibangun. Passalnya untuk berpindah lagi ke tempat relokasi butuh biaya lagi. "Penginnya kalau sudah di sini gak usah pindah lagi. Ke relokasi kan butuh biaya. Pengennya juga lebaran di sini saja," kata dia.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Tina Hastani mengatakan Disperindag akan melakukan pengerasan jalan sehingga tidak lagi becek. Pengerasan akan dilakukan menggunakan batu-batu kecil.

"Insyaallah [Jumat] sudah pengerasan tanah. Saya melihat pedagang-pedagang sudah siap. Persiapan untuk lantai dasarnya ada yang pakai bambu ada yang pakai plesteran," ucapnya.

Dia menjelaskan pedagang tetap akan dipindahkan ke tempat relokasi karena izinnya hanya sampai Juni 2023. Mulanya hanya sampai sekitar Maret, tetapi pedagang meminta agar lebaran tetap berjualan di lokasi transit.

Lebih lanjut dia mengatakan revitalisasi pasar yang menghabiskan dana sekitar Rp106 miliar ditargetkan rampung pada kuartal pertama 2024.

Dia menjelaskan Pasar Godean pertama dibangun pada 1980 dan baru sekali dilakukan perbaikan yakni pada 1994. Selain itu hanya dilakukan perawatan-perawatan rutin. "Mulai 10 [januari] dirobohkan kemudian februari sudah mulai bangun fisik," ucap dia.

Tina menyebut Disperindag juga bersiap menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini. Perbaikan-perbaikan akan dilakukan salah satunya akses jalan.

"Kami prinsipnya semaksimal mungkin membuat pedagang dan pembeli merasa nyaman. Kemudian perbaikan-perbaikan kami lakukan sambil jalan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Meriah! Archipelago Menggelar Kompetisi Mini Soccer

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement