Advertisement

Tiga Pasar Tradisional di Jogja Akan Direvitalisasi, Ini Daftarnya

Sirojul Khafid
Senin, 30 Mei 2022 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Tiga Pasar Tradisional di Jogja Akan Direvitalisasi, Ini Daftarnya Salah satu pedagang telur di Pasar Kotagede tengah melayani pembeli, Senin (2/4/2018). - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja berencana merevitalisasi tiga pasar tradisional. Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar, mengatakan tiga pasar tradisional itu yaitu Pasar Sentul, Pasar Kotagede, dan Pasar Terban.

“Tapi kami masih menunggu kepastiannya. Secara kajian teknis sudah kami lakukan. Apakah tahun 2023 akan kami lakukan pembangunan, kami masih menunggu juga,” kata Ambar, Senin (30/5/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Hendak Direvitalisasi, Pasar Godean Pertahankan Situs Cagar Budaya & Akan Jadi Objek Wisata

“Untuk Pasar Sentul akan menggunaan dana keistimewaan.”

Untuk Pasar Terban, revitalisasi ini merespons adanya Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) yang saat ini sedang dibangun di sekitar Pasar Terban. Revitalisasi diperlukan agar ada keserasian bangunan yang sama-sama baru. “Memang masih dalam tahap rencana. Karena pandemi, pembangunan belum dapat dilaksanakan,” katanya.

BACA JUGA: Sempat Terjadi Kenaikan Kasus Covid-19 DIY, Ini Penyebabnya

Tidak hanya tiga pasar itu, ke depan juga akan ada pemeriksaan secara menyeluruh gedung Pasar Beringharjo. Sejak dibangun pada 1991, belum ada lagi revitalisasi. Sehingga perlu adanya pemeriksaan apakah ada unsur yang perlu diperbaiki atau sebagainya.

“Padahal sudah terdampak gempa dua kali. Sehingga secara struktur harus ada kajian lebih lanjut. Bukan hanya sekadar fasad tapi juga strukturnya. Karena orang yang berkegiatan di sana banyak sekali. Risiko juga tinggi. Kami sudah minta agar ada kajian dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman,” kata Ambar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement