Advertisement

GIPI: Pemerintah Perlu Perluas Akses Destinasi Wisata DIY

Abdul Hamied Razak
Selasa, 03 Januari 2023 - 11:57 WIB
Sunartono
GIPI: Pemerintah Perlu Perluas Akses Destinasi Wisata DIY Suasana Pantai Parangtritis dipenuhi para wisatawan, Sabtu (25/12/2021). - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua DPD GIPI DIY Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan untuk pangsa pasar domestik pariwisata di DIY dinilai sudah normal. Hal itu merujuk pada tingginya kunjungan wisata saat libur Nataru kemarin.

"Jadi untuk wisata domestik sudah normal namun untuk wisata asing [wisman] yang masih belum normal," katanya, Senin (2/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Meski begitu, Bobby menilai, kunjungan wisatawan domestik ke DIY masih bisa ditingkatkan kembali jika pemerintah daerah bisa memperluas dan memperbersar kapasitas destinasi. Hal ini terkait dengan pemenuhan jaringan dan infrastruktur menuju ke destinasi.

BACA JUGA : 6,6 Juta Wisatawan Ditargetkan Masuk ke Jogja Tahun Ini 

"Kondisi ini masih bisa ditingkatkan lagi dengan memperbesar kapasitas destinasi dan amenities di empat kabupaten dan terkoneksi dengan empat kabupaten/kota," katanya.

Menurut Bobby, wisata DIY masih memiliki banyak tantangan. Salah satunya, tantangan terkait dengan infrastruktur. Dia berharap agar ke depan pemerintah mulai membangun infrastruktur wisata yang lebih accessible. Termasuk peningkatan kualitas produk dan layanan dari pariwisata DIY.

"Hanya dengan produk dan layanan yang berkualitas dan bertanggung jawablah maka wisatawan dapat tertahan lebih lama di Jogja. Kalau itu tidak bisa dilakukan oleh stakeholder pariwisata DIY maka yang ada adalah wisata sight seeing [melihat-lihat] saja," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement