Advertisement

Waduh....40.000-an Warga Jogja Menunggak Iuran BPJS Kesehatan, Totalnya Rp34 Miliar

Triyo Handoko
Kamis, 05 Januari 2023 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Waduh....40.000-an Warga Jogja Menunggak Iuran BPJS Kesehatan, Totalnya Rp34 Miliar Ilustrasi BPJS Kesehatan. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Data Kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jogja menyebut hampir seluruh warga di wilayahnya telah mengikuti kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Total per November 2022 ada 99,90% warga Jogja mengikuti JKN dari BPJS Kesehatan.

Tingkat kepesertaan warga Jogja tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata kepesertaan nasional yang hanya mencapai 86%. Masalahnya, sebanyak 40.110 orang peserta BPJS Kesehatan dari golongan mandiri menunggak tanggungannya.

Advertisement

Data BPJS Kesehatan Jogja menyebut akumulasi tunggakan pembiayaan asuransi dari golongan mandiri tersebut mencapai Rp34 miliar. Berbagai langkah dilakukan untuk meminimalkan tunggakan peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Jogja Prabowo menjelaskan ada tiga cara yang sudah dilakukan agar tunggakan dapat dibayarkan pesertanya. “Terbaru, kami bikin program rehabilitasi. Lewat program ini siapa yang menunggak dapat mencicil tunggakannya dengan mudah lewat aplikasi JKN,” jelasnya, Kamis (5/1/2022).

Prabowo tak dapat menyebutkan rata-rata tunggakan peserta BPJS Kesehatan di wilayahnya. “Itu sudah akumulasi total, baik dari jumlah tunggakkan maupun kelasnya, sampai waktu tunggakannya,” katanya.

BACA JUGA: Ada 4 Orang Meninggal Dunia karena Leptospirosis, Warga Gunungkidul Diminta Waspada

Tak tinggal diam atas tunggakan peserta BPJS Kesehatan dari golongan mandiri, jelas Prabowo, pihaknya turut menggerakkan kader JKN yang berada di tiap kelurahan. “Lewat kader-kader JKN ini kami sosialisasikan pentingnya bayar iuran rutin, supaya akses kesehatan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik dan layanan kesehatan dapat terus ditingkatkan,” ujarnya.

Selain itu, BPJS Kesehatan Jogja juga mengupayakan penagihan langsung dengan menelpon setiap peserta yang menunggak. “Kami berharap angka tunggakannya menurun di tahun ini, berbagai inovasi program akan kami cobakan,” kata Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement