Advertisement

Kasus Curanmor di Gunungkidul Meningkat

David Kurniawan
Jum'at, 06 Januari 2023 - 15:07 WIB
Jumali
Kasus Curanmor di Gunungkidul Meningkat ilustrasi curanmor. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULKapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan, kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) meningkat pada 2022. Hal ini sejalan dengan naiknya angka kriminalitas.

Ia menjelaskan, jumlah curanmor di tahun lalu ada 30 kasus. jumlah ini meningkat 50% dibandingkan kejadian di 2021 yang hanya sebanyak 20 kasus.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Dua Warga Wonosari Kehilangan Sepeda Motor

“Memang ada peningkatan dibandingkan dengan peristiwa di 2021,” katanya, Jumat (6/1/2023).

Menurutnya, kenaikan kasus curanmor sejalan dengan naiknya angka kriminalitas. Edy mencatat, sepanjang 2022 ada 307 kejadian tindak pidana kejahatan. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan catatan di 2021 yang hanya sebanyak 198 kasus.

Menurut dia, adanya peningkatan kasus terjadi karena adanya kelonggaran dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Dampaknya aktivitas masyarakat menjadi semakin leluasa sehingga angka kriminalitas juga ikut meningkat.

“Tahun lalu PPKM masih ketat sehingga kegiatan masyarakat banyak yang berkurang, tapi sekarang lebih bebas sehingga berpengaruh terhadap ketertiban dan kriminalitas,” ungkapnya.

Edy menjelaskan, ada 48 jenis tindak kejahatan yang tercatat. Kriminalitas terbanyak dalah penipuan sebanyak 77 kasus. Adapun berikutnya pencurian pemberatan 40 kasus, pencurian biasa 34 kasus, pencurian kendaraan bermotor 30 kasus, dan penggelapan ada 21 kasus.

“Sisanya ada pemerkosaan, pembunuhan, kekerasan anak, perjudian, penggelapan dalam jabatan hingga Undang-Undang tentang Informas dan Transaksi Elektronik [ITE],” ungkapnya.

Dia berharap kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada sehingga tidak menjadi korban kejahatan. “Tentunya kami akan terus meningkatkan pengamanan kambtimas agar suasana tetap kondusif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah di Jogja, Kini Jalan Rusak di Klaten Viral Disebut Taman Seribu Lubang

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement