Advertisement

Kalurahan Sendangsari Pajangan Dapat Bantuan 500 Bibit Pohon

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 10 Januari 2023 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Kalurahan Sendangsari Pajangan Dapat Bantuan 500 Bibit Pohon Lurah Sendangsari dan Panewu Pajangan, Bantul, menaman pohon kakao pada Selasa (10/1/2023). - Istimewa/Kalurahan Sendangsari

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, Bantul, mendapat bantuan 500 bibit pohon dari Balai Benih DIY. Bibit tersebut terbagi menjadi dua jenis yaitu bibit kakao sebanyak 400 pohon dan kelapa 100 pohon.

Lurah Sendangsari, Durori, mengatakan bantuan bibit tersebut diberikan setelah kalurahan mengirim proposal kepada Balai Benih DIY setahun lalu.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kemudian beberapa di antaranya kami tanam hari ini di Padukuhan Punden bertepatan dengan Hari Sejuta Pohon di Indonesia,” kata Durori, Selasa (10/1/2023).

BACA JUGA: Cegah Daging Babi, UGM Akan Uji Sampel Makanan di Kantin Kampus dan Sekitarnya

Selain sebagai upaya melestarikan lingkungan, penanaman pohon kakao dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penjualan buah kakao. Durori akan menggerakkan RT setempat dan kelompok wanita tani (KWT). Menurut dia, ada 18 KWT yang segera mendapat nomor register dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul.

Sendangsari akan menanam pohon di kawasan perbukitan sebagai lahan tanaman buah. Salah satu potensi unggulan Kalurahan Sendangsari adalah gula merah sehingga pemerintah kalurahan mengajukan tanaman kelapa. Setelah ini, Durori bersama warga akan membuka lahan dengan menebang pohon-pohon yang sudah tidak produktif dan menggantinya dengan bibit kakao dan kelapa. 

Di Padukuhan Punden, Durori menyediakan lahan seluas 1.500 meter persegi. Namun, lahan lain yang tersebar di beberapa titik masih dibutuhkan

“400 bibit tanaman kakao itu tidak mungkin ditanam di lahan seluas 1.500 meter persegi. Soalnya jarak antarbibit memerlukan setidaknya 3 meter,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement