Advertisement

Canggih, RSUD Panembahan Senopati Bantul Dilengkapi Cath Lab, Apa itu?

Ujang Hasanudin
Rabu, 11 Januari 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Canggih, RSUD Panembahan Senopati Bantul Dilengkapi Cath Lab, Apa itu? RSUD Panembahan Senopati. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul bakal dilengkapi dengan ruang Cath Lab berikut peralatannya. Fasilitas didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan sebesar Rp14 miliar.

“Inovasi terbaru tahun ini ada Cath Lab pelayanan neuro intervensi terkait dengan pembuluh darah dan syaraf, kami kembangkan kaitannya dengan jantung dan pembuluh darah,” kata Direktur Utama RSUD Panembahan Senopati Bantul, Atthobari, Rabu (11/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sekedar diketahui, ruang Cath Lab atau biasa disebut juga ruang angiografi adalah ruangan untuk melakukan pemeriksaan pada pembuluh darah arteri tubuh seperti arteri koroner, arteri cerebral, arteri perifer dan sebagainya.

Di ruangan Cath Lab dilakukan juga pemeriksaan ruang-ruang jantung pada kasus penyakit jantung bawaan dengan tujuan untuk mengetahui tekanan dan saturasi oksigen di masing-masing ruang jantung.

Atthobari mengatakan pengadaan Cath Lab cukup mahal sehingga menggunakan DAK dari Kementerian Kesehatan. “Anggarannya sekitar Rp14 miliar dari Kementerian Kesehatan,” ucapnya.

BACA JUGA: RSUD Panembahan Senopati Bantul Optimistis Pendapatan Tahun Ini Melebihi Target

Lebih lanjut Atthobari mengatakan manajemen RSUD Panembahan Senopati Bantul terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terlebih rumah sakit milik Pemkab Bantul tersebut sudah meraih akreditasi paripurna bintang lima yang merupakan akreditasi tertinggi, sehingga berbagai layanan perlu diperbaiki dan dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru.

Sebelumnya, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyampaikan peran rumah sakit sangat penting. Pasalnya, keberhasilan pembangunan sebuah daerah bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang sehat dan mudahnya mendapat pelayanan kesehatan.

Dia juga mendorong agar predikat akreditasi itu bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan. “Saya ucapkan selamat kepada RSUD Panembahan Senopati Bantul atas perolehan akreditasi bintang lima paripurna. Akreditasi ini di satu sisi merupakan anugerah, namun di satu sisi lainnya merupakan beban karena harus terus dipertahankan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Angka Kemiskinan di Kabupaten Magelang Turun 0,82 Persen

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement