Advertisement

Lowongan Kerja! Pendaftaran Panwaslu Kalurahan di Sleman Dibuka

Anisatul Umah
Senin, 16 Januari 2023 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Lowongan Kerja! Pendaftaran Panwaslu Kalurahan di Sleman Dibuka Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman membuka pendaftaran pengawas Pemilu di tingkat kalurahan. Proses rekrutmen akan berlangsung dari 14-19 Januari 2023.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa mengatakan mereka akan melakukan pengawasan di tingkat kalurahan. Melalui sosialisasi terkait pengawasan Pemilu, pengawas partisipatif, dan juga terkait dengan pengawasan tahapan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Ya mereka kan sebagai ujung tombak pengawasan kami di Bawaslu. Di tingkat desa atau kelurahan untuk tahapan-tahapan yang sedang berjalan," ucapnya, Senin (16/1/2023).

Pengawas Pemilu di tingkat kelurahan yang akan direkrut di Sleman sebanyak 86 orang, masing-masing kalurahan satu orang. Nantinya mereka akan menerima aduan dan menyampaikan ke pengawas Pemilu di tingkat kecamatan.

"Sebatas informasi awal yang kemudian disampaikan ke tingkat Panwaslu pusat. Karena secara kelembagaan hanya di Panwaslu kecamatan saja yang punya organisasi, sementara panwaslu desa orang per orang sehingga nanti tetap muara ke panwaslu kecamatan," jelasnya.

Keberadaan Panwaslu kalurahan menurutnya diatur dalam Perpu No 1 Tahun 2022 tentang perubahan atas UUD No 7 Tahun 2017, yang didalamnya juga memuat terkait kriteria Panwaslu Kelurahan/Desa dalam Pemilu 2024.

"Sebagai langkah awal pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa telah disiapkan pedoman dan dan sosialisasi pengumumannya berlangsung pada 9-13 Januari 2023," lanjutnya.

BACA JUGA: Jumlah Warga Miskin Naik 200.000 Jiwa Per September 2022, Ternyata Ini Biangnya

Sementara itu, Ketua Pokja Pendaftaran Panwaslu Kapanewon, Vici Herawati menyampaikan ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Di antaranya WNI, berusia minimal 21 tahun, minimal lulusan SMA atau sederajat, siap bekerja penuh secara penuh waktu, dan lainnya.

"Terkait dengan persyaratan khusus dan berkas apa saja yang harus dilengkapi, secara detailnya dapat datang langsung ke Kantor Panwaslu Kecamatan setempat, atau dapat pula melalui Call Center Bawaslu Kabupaten Sleman di nomor 08112632284."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement