Advertisement

TNI AL & Petani Tanam Bawang di Pesisir Selatan Bantul

Ujang Hasanudin
Selasa, 17 Januari 2023 - 10:07 WIB
Sunartono
TNI AL & Petani Tanam Bawang di Pesisir Selatan Bantul TNI AL bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon Srandakan dan petani sedang melakukan penanaman bawang merah di lahan pesisir pantai Cangkring, Kalurahan Poncosari, Srandakan, Bantul, Senin (16/1/2023). /istimewa - dok.Lanal Yogyakarta.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersama Kelompok Tani Eka Lestari, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan Bantul, melakukan penanaman bawang merah jenis Thailand di lahan pasir pinggir pantai Cangkring, kalurahan setempat, Senin (16/1/2023). Keterlibatan TNI AL dalam penanaman bawang merah tersebut sebagai bagian dari dukungan mewujudkan ketahanan pangan yang menjadi program pemerintah.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (KH/W) Damayanti mengatakan saat ini TNI AL terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan petani dalam program ketahanan pangan. Salah satunya dengan melakukan pendampingan dan mengajak kerja sama antara Lanal Yogyakarta dengan sejumlah kelompok tani binaan Lanal Yogyakarta.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kami mengandeng kelompok tani untuk terus menerus menggali potensi pertanian yang ada di wilayah kita dengan ditanami bawang merah yang memiliki andil besar dalam perekonomian masyarakat terutama yang berada di daerah pesisir,” katanya.

Damayanti berharap potensi yang ada terus ditingkatkan agar dapat dimunculkan sebagai komoditas unggulan daerah. Ia menyampaikan terima kasih kepada kelompok tani yang memiliki semangat tinggi dalam mengembangkan pertanian di wilayah pesisir Srandakan.

Lebih lanjut Damayanti mengatakan pengelolaan produk pertanian di wilayah Poncosari patut diapresiasi.  Sebab tidak hanya sekedar menanam dan memanen, namun dengan pendampingan dan binaan Lanal Yogyakarta, petani mampu bekerja sama untuk mengembangkan potensi pertanian agar dapat peningkatan hasil yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan petani.

“Beberapa waktu yang lalu, Lanal juga bekerjasama dengan kelompok petani cabai di Kalurahan Srigading dan hasil panennya sangat menggembirakan,” ucapnya. Hasil panen cabai tersebut akan ia sampaikan kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Lurah Poncosari, Supriyanto mengatakan kerja sama antara Lanal Yogyakarta dengan kelompok tani di Kalurahan Poncosari dalam pengembangan tanaman bawang ini diharapkan menjadi pioner dan bisa dicontoh oleh petani lainnya di Poncosari yang saat dalam penanaman bawang merah di lahan pasir masih dengan cara tradisional.

Pendampingan yang diberikan Lanal Yogyakarta dengan adanya teknologi pertanian yakni irigasi dengan sistem pengaputan dengan memanfaat jaringan listrik yang ada semakin menekan biaya produksi pertanian sehinggga hasilnya juga maksimal. “Yang jelas hasilnya lebih optimal, petani tidak terlalu capek dan biayanya sangat irit. Biaya paling boros yakni untuk irigasi pada lahan pasir,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Minta Seluruh Kader Kecamatan Menangkan Prabowo, Sekjen Gerindra Klaim Demi Selamatkan Rakyat

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement