Advertisement

Jelang Imlek, Kelenteng Gondomanan Gelar Doa Tolak Bala

Sirojul Khafid
Rabu, 18 Januari 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Jelang Imlek, Kelenteng Gondomanan Gelar Doa Tolak Bala Pengelola Kelenteng Fuk Ling Miau menggelar doa tolak bala, Gondomanan, Jogja, Rabu (18/1/2023). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pengelola Kelenteng Fuk Ling Miau di Gondomanan, Jogja, menggelar doa tolak bala menjelang puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.

Serangkaian prosesi dimulai oleh doa dari pemuka. Setelah itu ada tiga barongsai yang masuk kelenteng sembari memberikan penghormatan pada para dewa. Penghormatan pertama untuk Tuhan yang Maha Esa, sedangkan yang kedua adalah untuk tuan rumah.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pengelola Kelenteng Fuk Ling Miau, Angling Wijaya, mengatakan doa yang berlangsung 18 Januari 2023 ini agar serangkaian perayaan Imlek berjalan lancar.

“Prosesi ini untuk tolak bala, supaya dilindungi oleh dewa. Agar semuanya lancar,” kata Angling saat ditemui Harianjogja.com, Rabu (18/1/2023). “Tidak ada waktu pasti untuk doa tolak balak, yang jelas sebelum puncak Imlek.”

BACA JUGA: Simak! Rekomendasi Destinasi Wisata Bertema Pecinan saat Libur Imlek

Dalam merayakan puncak Imlek, Kelenteng Fuk Ling Miau akan menggelar perayaan pada 21 Januari 2023 mulai pukul 18.00 WIB. Jam tersebut lantaran jam-jam sebelumnya umat berkumpul bersama keluarga.

“Mulai sore orang-orang datang untuk sembahyang. Kemudian ada acara barongsai sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian jam 24.00 tepat akan ada acara kembang api,” katanya.

Memasuki tahun kelinci air, Angling berharap masyarakat Indonesia semakin rukun dan sabar. Terlebih ke depan akan ada pemilihan pemimpin negara. “Siapa pun pimpinannya, semoga tetep pro rakyat,” kata Angling. “Semoga Indonesia tentram dan damai.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20 Kelompok Seni Tradisional Ramaikan Kirab Cap Go Meh di Kota Magelang

News
| Senin, 06 Februari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement