Advertisement

Dewan Usulkan ASN Beli Produk Bank Sampah

Hadid Husaini
Senin, 23 Januari 2023 - 17:37 WIB
Sunartono
Dewan Usulkan ASN Beli Produk Bank Sampah TPA Banyuroto. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gerakan Zero Sampah Anorganik mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya Komisi C DPRD Kota Jogja dengan meminta PJ Walikota Yogyakarta mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan membeli produk Bank Sampah.

Anggota Komisi C DPRD Kota Jogja Bambang Seno Baskoro, menyebut program tersebut sangat baik dan harus didukung semua pihak.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menurutnya banyak produk yang telah dihasilkan oleh bank sampah yang ada di Yogyakarta seperti tas yang terbuat dari kemasan mie instan, Stopmap, dan berbagai jenis produk lain.

BACA JUGA : Berlaku Mulai Hari Ini! Warga Jogja Dilarang Buang Sampah

“Hal itu harus difasilitasi dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang baik dengan begitu produk barang bank sampah kemudian bisa dimanfaatkan. Kami mengharapkan PJ walikota membuat edaran yang mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) membeli produk bank sampah,”ujarnya pada Sabtu (21/1/2022).

Hal tersebut menurutnya dapat menghidupkan ekonomi para pekerja bank sampah yang menjadi pahlawan sampah di wilayah masing-masing. Meskipun begitu dirinya menyebut bahwa produk-produk dari perlu dikembangkan pemasaranya.

“Masalah kualitas tadi permasalahanya adalah diklat dari bank sampah sudah hanya produksi, tapi pemasaranya masih kurang,” kata Bambang.

Antusiasme dari warga Jogja terhadap program bank sampah juga kian meningkat. Hal tersebut dapat terlihat dari berkurangnya secara drastis

“Sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Piyungan sebanyak 15 ton. Hal tersebut merupakan bukti jadi bukti rakyat Jogja Gumregah dalam program ini,” kata Bambang.

BACA JUGA : Targetkan Kurangi Sampah Anorganik 50 Ton, 70 TPS Jogja

Bambang juga menambahkan terkait pemilahan sampah, dirinya meminta pemerintah melakukan pengadaan gerobak bank sampah, sehingga penyaluran sampah bisa lebih mudah.

“Dengan begitu para pengambil sampah harus disediakan sendiri gerobak yang dapat mengangkut dua jenis sampah baik organik maupun anorganik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement