Advertisement

Baru Awal Tahun, 4 Nyawa Meregang di Jalanan Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 25 Januari 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Baru Awal Tahun, 4 Nyawa Meregang di Jalanan Gunungkidul Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Unit Penegakkan Hukum, Satlantas Polres Gunungkidul mencatat sepanjang Januari 2023 ada 74 kejadian kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Total ada empat korban meninggal dunia dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Kanit Gakkum, Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan, kecelakaan maut terakhir terjadi pada Selasa (24/1/2023) dini hari di Jalan Brigjend Katamso. Total ada dua korban meninggal dunia dalam peristiwa ini  dan semuanya masih berstatus pelajar.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kecelakaan tunggal. Satu orang meninggal dunia di lokasi, satu korban lainnya meninggal saat dirawat di rumah sakit,” kata Darmadi kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

Dia menjelaskan, adanya dua korban lakalantas yang meninggal dunia menambah daftar kecelakaan yang terjadi di awal tahun. Hingga sekarang sudah ada 75 kejadian dengan korban meninggal empat orang.

BACA JUGA: Setahun Ribuan Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Bantul, Begini Strategi Pemkab

Selain itu, dari peristiwa kecelakaan yang terjadi juga mengakibatkan kerugian material sebesar Rp36,2 juta. Adapun jumlah korban luka ringan sebanyak 109 orang. “Ini harus menjadi pembelajaran bersama agar kasus laka maupun dampaknya bisa ditekan sekecil mungkin,” katanya.

Darmadi berharap kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati serta terus menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Selain itu, pada saat berkendara juga memperhatikan keselamatan dengan memakai alat perlindungan diri.

“Untuk pemotor harus memakai helm. Sedang pengendara mobil harus terus memasang tali sabuk pengaman,” katanya.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan, sepanjang 2022 lalu mencatat ada 982 laka lantas. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan 2021 dengan peristiwa sebanyak 664 kasus.

Meski ada peningkatan kasus, Edy mengakui angka fatalitas dalam kecelakaan mengalami penurunan. Sebagai gambaran, di 2021 ada 79 korban meninggal dunia di jalanan, tapi tahun lalu hanya 68 korban yang mati. “Untuk korban meninggal dunia memang ada penurunan sekitar 14% dari kejadian di 2021,” kata dia.

Edy mengistruksikan agar terus dilakukan sosialisasi keselamatan berlalulintas. Tujuannya agar peristiwa kecelakaan bisa ditekan agar jumlah korbannya juga berkurang. “Mudah-mudahan angka kecelakaan di Gunungkidul bisa terus diturunkan intensitas kejadiannya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AP I Mengaku Belum Terima Info soal Pengurangan Jumlah Bandara Internasional

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement