Advertisement

Silahkan Datang! Vaksinasi Booster Kedua Bisa Dilayani di Semua Puskesmas

Catur Dwi Janati
Rabu, 25 Januari 2023 - 15:47 WIB
Sunartono
Silahkan Datang! Vaksinasi Booster Kedua Bisa Dilayani di Semua Puskesmas Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO –Vaksinasi booster kedua mulai bisa didapatkan masyarakat terhitung sejak Selasa (24/1/2023). Namun berkaca pada cakupannya, tren vaksinasi mulai menurun pada vaksinasi booster pertama.

Sekretaris Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayujati menerangkan vaksinasi booster kedua sudah bisa dilakukan di semua Puskesmas. Masyarakat yang ingin berkelompok juga bisa melakukan vaksinasi booster kedua dengan menghubungi Dinkes Kulonprogo maupun Puskesmas agar bisa didatangi layanan vaksin berkelompok. 

Advertisement

BACA JUGA : Booster Kedua Akan Segera Digelar untuk Masyarakat

"Karena memang masyarakat sekarang kan rendah sekali keinginannya, memang kami di 2023 tidak secara khusus membuka pos-pos vaksinasi. Akan tetapi silahkan ke Puskesmas, semua Puskemas akan memberikan layanan," terangnya pada Selasa (24/1/2023).

Puskemas masih akan tetap melayani masyarakat yang ingin melakukan vaksin baik dosis 1, 2, 3 maupun 4. "Jadi vaksinasi tidak hanya khusus untuk booster tapi kami masih memberikan dosis 1 atau 2 khususnya untuk masyarakat yang memang kemarin belum sempat vaksin,"ujarnya. 

Namun untuk booster kedua, Baning mengingatkan hanya diberikan kepada masyarakat yang berusia di atas 18 tahun. Sementara untuk vaksin yang diberikan akan menyesuaikan dengan stok yang ada."Untuk stok, informasi dari provinsi maupun pusat, sementara cukup," jelasnya. 

"Juga harus dipertimbangkan jenis vaksin dasarnya, dosis satu dan duanya. Karena sudah ada dari pemerintah, kalau dosis satu duanya apa dosis tiga empatnya apa. Jadi harus mengikuti yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan," jelasnya.

BACA JUGA : Masyarakat Sudah Bisa Booster Kedua

Akan tetapi jika dilihat trennya, Baning menjelaskan antusiasme masyarakat pada vaksinasi booster pertama atau dosis ketiga sangat menurun. Hal ini menurut Baning dapat disebabkan karena masyarakat telah merasa aman. Faktanya, kasus Covid-19 masih ada, bahkan kematian pun masih ada. 

"Kalau melihat dosis tiga atau booster satu, memang masyarakat mulai enggan. Kita juga berharap ini adalah tidak ada lagi varian baru yang membuat masyarakat bila terkena situasinya lebih parah," tambahnya. 

Baning menambahkan bahwa saat ini kemungkinan masyarakat di luar sana sebenarnya under reported atau tak terlaporkan.  "Banyak yang di masyarakat positif tetapi tidak terdeteksi," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement