Advertisement

Lowongan Kerja Nih Lurs...DIY Butuh Ribuan Satpam

Abdul Hamied Razak
Selasa, 31 Januari 2023 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Lowongan Kerja Nih Lurs...DIY Butuh Ribuan Satpam Sejumlah Satpam di DIY menggelar atraksi di sela perayaan HUT Satpam ke 42 di Polda DIY, Senin (30/1/2023) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Meski minat warga menjadi anggota Satuan Pengamanan (Satpam) tiap tahun meningkat, namun kebutuhan profesi ini di DIY masih tinggi. Saat ini, jumlah Satpam di DIY sekitar 8.000 orang atau baru 50% dari total kebutuhan.

Ketua Umum Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) DIY, Salva Yurivan Saragih mengatakan, profesi Satpam setiap tahun banyak dilirik masyarakat. Minat warga menjadi Satpam semakin tinggi sejak seragam diganti warna cokelat menyerupai Polri.

Advertisement

"Kapolri [Jenderal Listyo Sigit Prabowo] selalu menyampaikan Satpam itu anak-anak kandung Polri, makanya seragam coklat mirip Polri. Kapolri seakan menyampaikan Satpam bukan lagi mitra Polri, tetapi menjadi bagian dari Polri," katanya.

Tentunya, lanjut Salva, pengakuan tersebut menjadi penyemangat bagi kalangan Satpam dan menambah kepercayaan diri mereka untuk bekerja sesuai dengan Tupoksinya. ABUJAPI, katanya, akan terus mendorong agar Satpam menjadi salah satu profesi yang banyak diminati masyarakat, khususnya anak-anak muda. "Kami akan terus mendorong supaya Satpam menjadi lebih profesional dan kapabel," katanya.

BACA JUGA: Marak Hoaks Penculikan Anak, Polres Bantul Datangi Sekolah-Sekolah

Di DIY, dari 88 badan usaha jasa pengamanan (BUJP) penyedia Satpam hanya sembilan BUJP yang khusus pada pendidikan dan pelatihan (Diklat) Satpam. Setiap dua bulan sekali, katanya, mereka membuka Diklat Satpam. Bila satu BUJP Diklat mendidik 60 orang calon Satpam maka dalam dua bulan sekali sekitar 500 orang yang memperoleh ijazah Satpam.

"Kebutuhan Satpam masih jauh dari kebutuhan seiring banyaknya usaha-usaha baru yang tumbuh. Saat ini ada sekitar 8.000 orang Satpam di seluruh DIY yang berstatus Gada Pratama. Kebutuhan Satpam di DIY masih kurang, mungkin baru 50 persen," katanya.

Salva berharap, sebagai anak kandung Polri hal itu bisa menumbuhkan kebanggan bagi profesi Satpam. Sebab profesi Satpam saat ini bukan lagi pekerjaan di bawah dan dipandang sebelah mata. "Maka banggalah menjadi Satpam, kebanggan ini akan memberikan efek positif bagi mereka saat bekerja. Bahwa profesi ini ikut terlibat dan diakui sebagai anak kandung Polri untuk bersinergi menciptakan Kamtibmas," katanya.

Saat menghadiri perayaan ke 42 di Polda DIY, Senin (30/1/2023) Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan, kehadiran Satpam di lingkungan masyarakat sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa. Hal itu tertuang dalam UU No.2/2002 tentang Polri. "Kehadiran Satpam merupakan perpanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat secara swakarsa untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement