Advertisement

Rawan Ditempeli Spanduk, Puluhan Cagar Budaya di Sleman Dipasangi Papan Nama dengan Anggaran Rp150 Juta

Anisatul Umah
Selasa, 31 Januari 2023 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Rawan Ditempeli Spanduk, Puluhan Cagar Budaya di Sleman Dipasangi Papan Nama dengan Anggaran Rp150 Juta Ilustrasi cagar budaya - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menganggarkan kurang lebih Rp150 juta untuk pemasangan papan di 20 cagar budaya tahun ini.

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya, mengatakan 20 cagar budaya yang akan dipasangi papan nama berada di area publik dan rawan vandalisme, pemasangan spanduk, dan lainnya.

Advertisement

"Estimasi anggaran kurang lebih Rp150 juta, bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus Dana Keistimewaan tahun 2023," ucapnya, Selasa (31/1/2023).

Sebanyak 20 titik cagar budaya saat ini masih tahap seleksi. Disbud Sleman belum memastikan akan memasang papan nama di cagar budaya mana saja. "Yang penting dalam DPA [Dokumen Pelaksanaan Anggaran] ada 20 titik output. Teman-teman saya minta prioritaskan yang rawan-rawan tadi."

Kepala Bidang Warisan Budaya Disbud Sleman, Esti Listyowati, mengatakan papan nama akan dipasang di lokasi rawan vandalisme dan berada di ruang publik.

BACA JUGA: 3 Siswa SD di Sleman Diduga Hendak Diculik, Dinas Pendidikan Keluarkan Peringatan

Sebelumnya, beberapa bangunan cagar budaya yang sudah menjadi aksi vandalisme seperti Jembatan Pangukan dan Buk Renteng. Jembatan Pangukan tidak hanya dicorat-coret dengan piloks, tetapi juga dipasangi spanduk partai. Disbud Sleman sudah berkoordinasi dengan Satpol PP dan partai yang bersangkutan.

Sementara, aksi vandalisme di Buk Renteng sempat dipergoki warga sehingga pelakunya langsung dihukum dengan mengecat kembali selokan air tersebut pada Minggu (22/1/2023) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement