Advertisement

Talut Longsor, Pengelola Tebing Breksi Pastikan Aktivitas Wisata Masih Normal

Anisatul Umah
Minggu, 05 Februari 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Talut Longsor, Pengelola Tebing Breksi Pastikan Aktivitas Wisata Masih Normal Kondisi longsoran talut di kawasan Tebing Breksi. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengelola Wisata Tebing Breksi, Prambanan Sleman memastikan aktivitas wisata tetap berjalan normal di tengah adanya longsor di talut lokasi parkir Kawasan tersebut.

Pengelola Wisata Tebing Breksi, Kholiq Widiyanto memastikan kegiatan wisata tetap berjalan normal meski ada talut longsor di sebelah barat area parkir. Talut tersebut masih baru dan milik warga sekitar dan disewa oleh pengelola sehingga pengerjaan talut juga dilakukan oleh pemilik lahan.

Advertisement

"Ini kan hanya sebagian kecil parkir, jadi parkir yang lain masih luas. Gak ada masalah [aktivitas wisata berjalan normal]," ucapnya dihubungi Sabtu, (4/2/2023).

BACA JUGA : Kawasan Tebing Breksi Longsor, Bagaimana Kondisi Wisata?

Ia mengakui kondisi talut memang kurang sesuai dengan kaidah konstruksi. Terlalu tegak dan tidak ada suling-suling air. Saat ini masih dilakukan komunikasi terkait tindaklanjut perbaikan Bersama pemilik lahan. Perbaikan akan dilakukan secepatnya, talut yang longsor sudah dibendung dengan pasir agar air tidak mengalir ke talut untuk mengantisipasi longsor susulan.

"Kalau dari kami sih secepatnya [perbaikan]. Cuma ini kan berkaitan dengan biaya, perjanjian bagaimana, apakah si pemilik tanah ini kami cukupi dulu, atau syukur-syukur [sudah] punya uang. Kalau dari kami sih secepatnya," jelasnya.

Panewu Prambanan, Siti Wahyu Purwaningsih mengatakan setidaknya ada tujuh laporan sementara kejadian tanah longsor di Kapanewon Prambanan. Seperti tanggul jebol di Goa Maria Sendang Sriningsih.

BACA JUGA : Siap-Siap! Tebing Breksi & Kaliurang Diperkirakan Macet 

Talut longsor di Gandri Kalinongko Lor, Gayamharjo, tebing longsor di Jatirejo, Gayamharjo, tebing longsor di Terto, Gayamharjo, tebing jalan longsor di Ledoksari Kikis, talut samping rumah longsor di Gunungsari, Sambirejo, dan talut longsor di Tebing Breksi.

Kejadian tanah longsor ini semua disebabkan karena curah hujan yang tinggi. Khusus di Tebing Breksi menurutnya penanganan akan segera dikoordinasikan.

"Tindaklanjut akan dikoordinasikan dengan pihak Tebing Breksi, Dukuh, dan Lurah Sambirejo," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement