Advertisement

Jembatan Srandakan 3 Akan Menghubungkan JJLS di Selatan DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 07 Februari 2023 - 07:07 WIB
Bhekti Suryani
Jembatan Srandakan 3 Akan Menghubungkan JJLS di Selatan DIY Aktivitas kendaraan bermotor JJLS di ruas Girisekar-Planjan di Dusun Sawah, Girisekar, Panggang - Harian Jogja/David kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pembangunan fisik Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di wilayah DIY saat ini telah mencapai 84%. Untuk menghubungkan JJLS di Kulonprogo dan Bantul, nantinya akan dibangun Jembatan Srandakan 3. Diperkirakan seluruh JJLS di DIY rampung pada 2027. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY, Anna Rina Herbranti menyampaikan pembangunan fisik JJLS untuk konstruksi dua jalur dengan panjang 116,07 km telah mencapai 84%.

Advertisement

Anna menyampaikan beroperasinya JJLS pun masih menunggu pembangunan Jembatan Srandakan 3. “Sebenarnya jalurnya [JJLS] sudah ada, exit-nya sudah ada,” katanya, Senin (6/2/2023).

Desain Jembatan Srandakan III telah di-review oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional [PJN] Wilayah DIY-Jateng, Kementerian PUPR.

Dia menyampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X juga telah menyetujui desain tersebut. Selanjutnya pembangunan akan dilakukan Kementerian PUPR. “Ini sudah disetujui oleh Ngersa Dalem desain tersebut sehingga ini nanti dari Kementerian [PUPR] akan memprogramkan untuk pembangunannya,” kata dia.

BACA JUGA: Dalam 2 Hari, 2 Anak Meregang Nyawa di Jalanan Gunungkidul

Targetnya, kata dia, pembangunan jembatan tersebut selesai pada 2024. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Beny Suharsono berharap adanya Jembatan Srandakan 3 dapat digunakan secepatnya. "Jembatan, yang sudah disiapkan tahun ini bisa dimulai pelaksanaannya, karena penganggaran di awal tahun," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement