Advertisement

Rp3,8 Triliun Bakal Mengucur ke 30 Desa Terdampak Jalan Tol Jogja-YIA, Muncul Miliarder Baru?

Sunartono
Minggu, 12 Februari 2023 - 12:27 WIB
Sunartono
Rp3,8 Triliun Bakal Mengucur ke 30 Desa Terdampak Jalan Tol Jogja-YIA, Muncul Miliarder Baru? Kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi di Depok, Jawa Barat, Minggu (20/12/2021). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah setidaknya telah menyiapkan Rp3,8 triliun untuk membebaskan lahan pembangunan tol Jogja-YIA. Duit ini akan mengucur kepada warga pemilik lahan yang terkena trase tol Jogja-YIA yang berada di 30 desa di wilayah DIY.

“Rp3,8 triliun untuk pembebasan lahan pada 2023 yang hanya untuk Tol Jogja Solo Seksi 3 [Jogja-YIA], dari Tirtoadi [Sleman] ke YIA,” kata Dian Hardiyansyah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-YIA, Kementerian PUPR belum lama ini.

Advertisement

Meski demikian proses pembebasan lahan dan pembayaran uang ganti rugi masih butuh proses panjang karena izin penetapan lokasi (IPL) belum diterbitkan Gubernur DIY. IPL baru akan diterbitkan setelah semua warga terdampak menyatakan persetujuan dalam tahapan konsultasi publik.

BACA JUGA : Ada 4 Simpang Susun di Tol Jogja-YIA, Ini Titik Lokasi

Tim pembebasan lahan dari Pemda DIY  sedang mempersiapkan jadwal konsultasi publik setelah merampungkan sosialisasi pada akhir Desember 2022 lalu. Salah satu persiapan yang harus diselesaikan saat konsultasi publik adalah dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT).

“Kemungkinan Februari ini kami mulai konsultasi publik,” kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno.

Berdasarkan catatan Harianjogja.com, ruas tol Jogja-YIA tersambung dengan ruas tol Jogja-Bawen dan Jogja Solo yang ketiganya bertemu di Junction Sleman yang titiknya di wilayah Trihanggo, Sleman. Dari persimpangan inilah ruas tol Jogja-YIA dibangun membujur kea rah selatan memasuki Kawasan Ringroad barat DIY yang direncanakan konstruksi elevated.

Di Wilayah Sleman ada empat kecamatan terdampak dengan 10 desa, terdiri atas Tirtoadi 11 bidang, Trihanggo 61 bidang, Nogotirto 127 bidang, Banyuraden 254 bidang, Ambarketawang 427 bidang, Balecatur 364 bidang, Sidoarum 78 bidang, Sidokarto 55 bidang, Sumberrahayu 359 bidang.

Adapun kecamatan Sedayu ada di desa Argomulyo 491 bidang dan Argosari sebanyak 172 bidang. Di Kulonprogo tol Jogja-YIA akan melewati Sembilan kecamatan. Terdiri atas Hargimulyo 244 bidang, Karangsari 385 bidang, Sendangsari 171 bidang, Pengasih 286 bidang dan Wates sebanyak 71 bidang.

BACA JUGA : Konsultasi Publik Tol Jogja YIA Bakal Dimulai Awal Februari

Kemudian Donomulyo 36 bidang, Kaliagung 225 bidang, Hargorejo 132 bidang, Temonwetan 137 bidang, Kaligintung 115 bidang dan Kulur 141 bidang. Selanjut desa terdampak lainnya di Kulonprogo adalah Kebonrejo 361 bidang, Temonkulon 21 bidang, Sindutan 23 bidang, Karangwuluh 19 bidang, Janten 141 bidang, Palihan 79 bidang dan Banguncipto sebanyak 503 bidang.

Ruas-ruas tersebut akan dibebaskan dengan luas pemilik yang beragam. Kemungkinan akan bermuculan miliarder baru di 30 desa tersebut setelah mereka mendapatkan duit ganti pembebasan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement