Advertisement

Reformasi Birokrasi Harus Berdampak Positif Kepada Masyarakat

Lugas Subarkah
Senin, 13 Februari 2023 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Reformasi Birokrasi Harus Berdampak Positif Kepada Masyarakat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, saat memberi arahan di Pemkab Sleman, Senin (13/2/2023) - istimewa Humas Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Reformasi birokrasi tidak hanya dijalankan di tataran administrasi, tetapi juga harus berdampak positif kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, dalam kunjungannya ke Pemkab Sleman, Senin (13/2/2023).

Advertisement

Dalam arahannya, ia menjelaskan target Kemenpan RB yakni menilai reformasi birokrasi yang bagus tidak berdasarkan administrasi. "Namun yang terpenting adalah menciptakan dampak positif bagi masyarakat," katanya.

Ia berharap Kabupaten Sleman dapat menjadi salah satu kabupaten terdepan dalam mengimplementasikan reformasi birokrasi tematik, yakni reformasi birokrasi yang terukur,  khususnya terkait dengan penanganan kemiskinan, penanganan stunting, peningkatan investasi, digitalisasi, belanja produk katalog dan penanganan inflasi.

Ia juga meminta Forkopimda Sleman dapat bersinergi dengan Pemkab Sleman sehingga dampak penanganan kemiskinan serta stunting dapat tertangani dengan baik. “Terlebih angka stunting di Sleman jauh lebih rendah dari angka rata-rata nasional," ungkapnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan Pemkab Sleman berkomitmen untuk membangun kualitas budaya kinerja birokrasi melalui tiga indikator penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil. 

Komitmen ini dapat dilihat dari hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi Pemkab Sleman yang berhasil memperoleh nilai AKIP sebesar 81,73 dengan predikat A sehingga terhitung telah berhasil meraih nilai A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) selama empat tahun berturut-turut.

"Demikian pula dengan perolehan nilai reformasi birokrasi 76,77  dengan predikat BB di tahun 2022. Dari hasil penilaian tersebut, maka Pemkab Sleman terhitung telah berhasil meraih nilai BB dalam Reformasi Birokrasi selama lima tahun berturut-turut," ujarnya.

Kustini mengaku kehadiran Menpan RB dapat menjadi motivasi Pemkab Sleman dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement