Advertisement

Hujan Lebat 2 Hari Picu Banjir Bandang, Objek Wisata di Bantul Ini Tutup Sementara

Hadid Husaini
Kamis, 16 Februari 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Hujan Lebat 2 Hari Picu Banjir Bandang, Objek Wisata di Bantul Ini Tutup Sementara Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Banjir bandang melanda destinasi wisata alam Potrobayan, Selasa (14/2/2023). Banjir tersebut menyebabkan tempat tersebut ditutup untuk sementara waktu.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo Adi menyampaikan bahwa dinasnya sudah mengecek. Dari hasil pemantauan itu, air meluap hingga area parkir.

Advertisement

“Tidak ada yang rusak, tetapi sampah banyak yang menyangkut di tumbuhan,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Kamis (16/2/2023).

Meski begitu, dia mengaku tidak ada kerugian yang dialami oleh warga di sekitar lokasi.

Dia menjelaskan, luapan air tersebut diperkirakan mencapai kedalaman satu meter di atas permukaan lokasi. Dispar Bantul saat ini tengah memantau secara intens kondisi cuaca dengan terus berkoordinasi bersama Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) dan pengelola wisata.

BACA JUGA: Simak! Daftar Banjir Parah di Gunungkidul selama Lima Tahun Terakhir 

Selain di Potrobayan, dia juga menyampaikan kondisi di wisata Kebon Empring. Dirinya menyebut saat ini wisata tersebut juga masih ditutup. 

“Yang di Kebon Empring itu pengelola tidak memperkirakan bahwa debit air sungai meninggi, ada yang kehilangan kompor juga,” ujarnya.

Dirinya melihat salah satu tanda ketinggian nya juga tinggi sama dengan yang ada di Potrobayan sekitar satu meter. Pengelola Wisata Potrobayan, Rahmad Santoso mengungkapkan kronologi banjir yang menerjang wisata yang biasa dipakai untuk kemping tersebut.

Dia mengungkapkan hujan deras yang terjadi mulai 13-14 Februari lalu telah menyebabkan debit air di sejumlah sungai di Bantul meninggi.

“Saat ini kami masih menunggu kondisi cuaca seperti apa, kalau cuaca sudah membaik nanti kami bersihkan dan kami buka kembali,” kata Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement