Advertisement

Simak! Daftar Banjir Parah di Gunungkidul selama Lima Tahun Terakhir

David Kurniawan
Selasa, 14 Februari 2023 - 15:27 WIB
Sunartono
Simak! Daftar Banjir Parah di Gunungkidul selama Lima Tahun Terakhir Kondisi banjir yang menggenangi SDN Pucung di Kalurahan Pucung, Girisubo, Gunungkidul pada Selasa (14/2/2023) - Istimewa - Tagana Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Cuaca ekstrem sudah sering terjadi di wilayah Gunungkidul. Meski demikian, dampak terparah terjadi pada akhir 2017 lalu yang disebabkan karena dampak dari Badai Cempaka.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, hujan deras yang menguyur sejak Senin (13/2/2023) mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Kapanewon Girisubo. Meski demikian, ia memastikan kondisi sudah mulai terkendali karena berangsur-angsur surut.

Advertisement

“Selain banjir ada empat longsoran. Rinciannya, dua di Kapanewon Gedangsari, di Kapanewon Girisubo dan Ponjong masing-masing satu titik,” katanya, Selasa (14/2/2023).

BACA JUGA : Banjir Terjadi pada 28 Titik di Gunungkidul, Penyebabnya Drainase Tak Lancar

Menurut dia, untuk masalah banjir atau genangan air yang diakibatkan hujan deras hampir terjadi setiap tahun. Meski demikian, ia menggarisbawahi bahwa dampak terbesar selama ini yang terjadi pada akhir 2017 lalu.

“Dampaknya sangat luas dan BNPB sampai turun memberikan bantuan ke Gunungkidul,” katanya.

Kapolsek Gedangsari AKP Suryanto mengatakan, hujan deras juga mengakibatkan longsor di Gedangsari. Adapun material longsoran sampai merobohkan rumah milik Maryadi, warga Kalurahan Hargomulyo.

“Peristiwa terjadi pada Selasa sekitar pukul 00.30 WIB. Korban bersama isteri dan dua anaknya selamat. Untuk sementara keluarga ini mengungsi ke tempat saudara,” katanya.

BACA JUGA : Tak Hanya Sebabkan Banjir, Cuaca Ekstrem Rusak 2 Rumah

Berikut ini ringkasan banjir yang pernah terjadi di Gunungkidul.

28 November 2017

Akibat Badai Cempaka banyak rumah yang terendam di sepanjang aliran Kalioya mulai dari Semin, Ngawen, Nglipar, Karangmojo, Patuk. Selain itu, di Semanu, Saptosari, Girisubo juga terjadi banjir. Selain itu, ada 30.254 pelanggan PDAM yang sempat terganggu

BNPB pun memberikan bantuan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi sebesar Rp75 miliar. Dana ini dipergunakan untuk relokasi rumah, perbaikan tiga jembatan, hingga relokasi sekolah di Saptosari.

17 Maret 2019

Hujan deras yang menguyur menyebabkan banjir di 31 lokasi di Gunungkidul. Paling parah terjadi di Kapanewon Semanu karena ada 22 keluarga di Kalurahan Pacarejo yang sempat mengungsi.

Selain itu banjir juga menggenangi tiga sekolahan di Kapanewon Purwosari. Meksi demikian, peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

31 Januari 2021

Banjir melanda girisubo. Akibatnya 1 jembatan putus, SMP Negeri girisubo tergenang dan pagar sekolah ambrol, perkampungan nelayan di sadeng sempat terendam.

11 November 2021

Hujan deras yang menguyur di Kapanewon Girisubo mengakibatkan banjir di kawasan Pelabuhan Sadeng. Adapun ketinggian mencapai satu meter. Meski demikian, dalam peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

6 November 2022

Hujan deras di Kapanewon Girisubo menyebabkan balai dusun Gabukan, gedung Paud dan SD terendam banjir. Lokasi ini sering menjadi langganan banjir karena merupakan bekas telaga.

18 November 2022

Hujan deras mengakibatkan banjir di sisi utara Gunungkidul mulai dari sepanjang aliran kali oya. Selain itu, juga terjadi di Kalurahan Bendung, Candirejo, Sumberejo Semin. Satu jembatan di Candirejo putus dan kerusakan sejumlah fasilitas umum, salah satunya di Terminal Semin.

12 Februari 2023

Hujan deras menyebabkan genangan banjir di Kapanewon Playen. Total ada 25 titik genangan di Kalurahan Ngawu dan tiga titik di Kalurahan Bandung. Banjir juga sempat menggenangi jalan Jogja-Wonosari dan sebuah rumah sakit di Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement