Advertisement

UAJY Punya Rektor Baru, Diharapkan Mampu Berkontribusi dalam Pembangunan IKN

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 16 Februari 2023 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UAJY Punya Rektor Baru, Diharapkan Mampu Berkontribusi dalam Pembangunan IKN Rektor UAJY periode 2023-2027 Dr. G. Sri Nurhartanto, SH, L.LM. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Setelah melalui tahapan penjaringan bakal calon (balon) sejak 2022 lalu, terpilih Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) periode 2023-2027 Yayasan Slamet Rijadi (YSR) sebagai pengelola UAJY yakni Dr. G. Sri Nurhartanto, SH, L.LM. pada Jumat (10/2/2023). Rektor diharapkan mampu mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Rektor terpilih tersebut pernah menjadi Rektor UAJY periode 2015-2019. Untuk diketahui, tiga calon yang diajukan oleh Senat Akademik Universitas (SAU) UAJY adalah Prof. Ir. Djoko Budiyanto, M.Eng., Ph.D, Prof. Dr. Ir. Ade Lisantono, M.Eng. dan Dr. G. Sri Nurhartanto, SH, L.LM.

Advertisement

Rektor baru UAJY akan menghadapi tantangan, khususnya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dinamika perubahan regulasi pendidikan, perkembangan teknologi informasi, dan trend menuju akreditasi internasional. Di samping itu, masih terdapat sejumlah tantangan “klasik” seperti sumber pembiayaan non-mahasiswa, meningkatkan daya tarik UAJY bagi calon mahasiswa, kesejahteraan karyawan dan dosen, dan sebagainya.

Berkaitan dengan tantangan tersebut, sejumlah harapan mengemuka dari dosen, karyawan mahasiswa, dan alumni UAJY. “Rektor terpilih perlu segera membentuk Tim Rektorat berdasarkan Statuta Perubahan," harap Ir. A. Koesmargono, MCM., Ph,D selaku Sekretaris SAU UAJY yang pernah menjadi Rektor UAJY periode 2009-2011, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Pemda DIY Siapkan 2 Opsi Jadwal Konsultasi Publik Tol Jogja-YIA, Digelar Pararel atau Bersamaan?

Selanjutnya Koesmargono menegaskan Tim Rektorat (Rektor dan Wakil Rektor) harus mampu bersinergi, dalam arti dapat menutup kelemahan-kelemahan yang ada dari masing-masing individu. Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia (SDM) harus terus menjadi prioritas sehingga UAJY dapat melakukan lompatan kemajuan atau akselerasi keunggulan UAJY. Dalam ekosistem yang terus berubah, perlu dilakukan perubahan mendasar terkait pengelolaan sumber daya manusia di perguruan tinggi.

Nilai-nilai unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas dapat semakin diwujudnyatakan di masyarakat melalui karya nyata UAJY. “Dosen terus didorong untuk jangan hanya berhenti pada publikasi saja, melainkan terus didorong utk mampu melakukan transformasi temuan-temuan ilmiahnya menjadi karya yang dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat," tandas Koemargono.

“Tata ulang struktur organisasi untuk mempersiapkan internasionalisasi UAJY," tegas Budi Suprapto, Ph.D (Dekan FBE UAJY) yang juga pakar Manajemen Stratejik.

Menurut Budi, internasionalisasi UAJY yang salah satunya melalui akreditasi internasional merupakan keharusan dan salah satu tantangan UAJY ke depan. Untuk menuju internasionalisasi tersebut, penataan ulang struktur organisasi menjadi hal yang urgen termasuk membentuk kantor khusus yang mengurus internasionalisasi tersebut.

“Merintis pembukaan Pusat Pelatihan dan Inovasi di Ibu Kota Negara [IKN] yang baru”, harap Budi.

Menurut Budi, dalam jangka panjang UAJY harus juga berkomitmen untuk mendukung pembangunan IKN. Tentu komitmen tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki UAJY. Pembentukan Pusat Pelatihan dan Inovasi secara bertahap merupakan salah satu kontribusi yang realistis yang didasarkan pada sumber daya yang dimiliki UAJY.

Harapan untuk Rektor Baru

Dari beberapa dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni yang sempat ditemui, sejumlah harapan yang muncul antara lain. Pertama, Rektor terpilih beserta jajarannya harus dapat bekerja dengan lebih baik dengan output dan outcome yang lebih optimal. Harapan tersebut didasarkan rektor terpilih pernah menjadi rektor sehingga mempunyai pengalaman sebagai bekal menjalankan tugas rektor di periode mendatang.

Kedua, rektor terpilih harus dengan jeli dan teliti untuk memilih Wakil Rektor dan Pejabat di tingkat Rektorat agar Tim Rektor mampu bekerja dengan solid dan lebih baik dari periode Rektorat sebelumnya. Dalam memilih harus mempertimbangkan kemampuan berdasarkan rekam jejak, gelar (degree) dan jabatan fungsional.

Rektor terpilih diharapkan mampu menyerap seluruh aspirasi dan harapan civitas akademika UAJY. “Rektor terpilih UAJY Dr. G. Sri Nurhartanto, SH., L.LM akan dilantik dan mulai bekerja per 1 April 2023”, jelas Dr. Y. Sri Susilo selaku Anggota SAU UAJY yang juga Dosen FBE UAJY dan pelaksana Humas SAU UAJY. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement