Advertisement

Harga Minyakita di Atas HET, Warga Bisa Lapor ke Situs Web Ini

Yosef Leon
Sabtu, 18 Februari 2023 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Harga Minyakita di Atas HET, Warga Bisa Lapor ke Situs Web Ini Warga mengantre membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran Minyakita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7 - 2022). Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng Minyakita terjadi beberapa bulan terakhir di wilayah Jogja.

Akibat pasokan yang berkurang, banyak penjual yang mengedarkan Minyakita di atas harga eceran tertinggi (HET) sesuai anjuran pemerintah di angka Rp14.000 per liter. 

Advertisement

Belum lama ini, Pemda DIY telah mendapat pasokan Minyakita puluhan ton dari Kementerian Perdagangan RI. Penyaluran di empat pasar tradisional itu diharapkan membuat masyarakat bisa kembali mengakses Minyakita sesuai dengan HET. Masyarakat diminta untuk tidak membeli dalam jumlah berlebihan agar pasokan stabil. 

Penyaluran Minyakita di wilayah setempat juga direspons dengan pembukaan layanan daring sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Dengan berbasis email bernama Hotmail Apical melalui [email protected], warga bisa mengakses pembelian Minyakita dan mengadukan temuan penjualan Minyakita di atas HET lewat layanan tersebut. 

“Melalui layanan itu masyarakat yang membeli Minyakita yang diproduksi oleh Apical dapat menyampaikan pelaporan terhadap lokasi penjualan Minyakita yang tidak sesuai dengan HET, sehingga dapat dipantau lebih lanjut ke depannya oleh pihak regulator," kata Head of Industry & Government Relations Apical Group Manumpak Manurung, Sabtu (18/2/2023). 

Pada kesempatan peluncuran layanan aduan itu, pihaknya juga mengadakan edukasi mengenai HET Rp 14.000 dan menggelar bazar minyak goreng kepada warga Jogja. Upaya ini merupakan respons terhadap kebijakan domestic market obligation (DMO) yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan. 

"Sekaligus menanggapi kelangkaan Minyakita yang terjadi di beberapa daerah dan harga jual yang melebihi HET. Lewat kegiatan ini kami berupaya mendukung pemerintah dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat," jelas Manumpak. 

Dalam penyelenggaran bazaar dan edukasi HET itu pihaknya berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia.

Kegiatan serupa juga telah dilangsungkan di pasar-pasar tradisional di wilayah Jakarta dan akan berlanjut ke wilayah Solo, Semarang, Jabodetabek, dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement