Advertisement

Hasil Pelacakan Jejak Digital Terbaru, Dosen UII Rafie Pratama Telah Berada di Istanbul

Sunartono
Minggu, 19 Februari 2023 - 09:27 WIB
Sunartono
Hasil Pelacakan Jejak Digital Terbaru, Dosen UII Rafie Pratama Telah Berada di Istanbul Dosen FTI UII Rafie Pratama. - istimewa/FTI UII.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tim Pusat Krisis Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) terus melakukan berbagai cara untuk mencari keberadaan dosen Fakultas Teknik Industri Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP). Salah satunya dengan melacaknya lewat status perangkat digital yang dibawa oleh dosen tersebut. Dari hasil pelacakan tersebut dari perjalanan rute Oslo, Rafi telah di tiba di Istanbul Turki.

“Kami terus dilakukan melakukan pencarian melalui Tim Pusat Krisis UII. Penggalian jejak digital memastikan bahwa AMRP sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan sudah berada di Istanbul, Turki,” kata Rektor UII Profesor Fathul Wahid dalam keterangan resminya, Sabtu (19/2/2023) malam.

Advertisement

BACA JUGA : Profil Dosen UII yang Hilang di Turki, Wakil Dekan

Adapun bukti keberadaan Rafi di Istanbul ini terlacak dari aktivitas sign out Google Drive yang terjadi pada 13 Februari 2023 pukul 03.57 waktu setempat. Tim juga menemukan jejak digital lain, yaitu Rafi sempat terhubung Internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke kampus UII. “Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul, pada sekitar pukul 19.00-23.00 waktu setempat pada 12 Februari 2023,” ujarnya.

Fatul mengatakan iformasi yang diterima dari KBRI Oslo turut menegaskan temuan jejak digital ini. Pihak Kepolisian di Oslo memastikan catatan imigrasi negara tersebut di Bandara Oslo menunjukkan bahwa Raif sudah tidak berada di wilayah Schengen pada 12 Februari 2023.

“Sampai saat ini, kami belum dapat memastikan apakah AMRP sudah meninggalkan Istanbul dan menuju Riyadh atau belum. Informasi status boarding yang masih kami tunggu dari Turkish Airline, akan mengungkap dengan lebih jelas,” katanya.

BACA JUGA : Masih Belum Ditemukan, Pencarian Dosen UII Libatkan Interpol

Sebelumnya Rafi mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN). Dalam perjalanan itu Tim UII terdiri dari empat orang untuk mengunjungi USN guna mempererat kerja sama kedua universitas.

“Setelah sepekan beraktivitas di USN, sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Saya berjumpa terakhir dengan AMRP di Oslo, Norwegia pada malam 11 Februari 2023. Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. AMRP sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki,” katanya.

Ia menambahkan menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanannya adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. AMRP tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya.

Perjalanan ke Riyadh dilakukan, karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Sebelum ke Oslo. AMRP memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Jeddah.

“AMRP mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi: menunggu boarding. Sejak saat itu, AMRP tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan, tetapi belum satupun yang direspons oleh AMRP,” ujarnya.

Menurut informasi lisan yang diberikan AMRP dan dikuatkan dengan pesan WhatApp kepada Sang Istri, lanjutnya, AMRP akan mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 jam 18.00. Adik AMRP sempat menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan. “Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama AMRP tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut,” katanya.

Fathul memastikan UII telah berupaya menghubungi banyak pihak untuk membantu menemukan keberadaan dosen FTI tersebut. Di antaranya menyampaikan informasi ini kepada KBRI di Norwegia dan Turki, termasuk mengontak panitia konferensi di Jeddah yang memesankan tiket penerbangan. “UII juga telah menghubungi Turkish Airline di Oslo untuk memastikan bahwa AMRP telah naik pesawat. Keluarga AMRP sudah melaporkan ke kepolisian secara resmi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement