Advertisement

Nonton Film Kembali Pulang Produksi Disbud Jogja, Sekda Jogja Menangis

Triyo Handoko
Minggu, 19 Februari 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Nonton Film Kembali Pulang Produksi Disbud Jogja, Sekda Jogja Menangis Sekda Jogja Aman Yuriadijaya (tengah) hadir dalam diskusi setelah pemutaran perdana film Kembali Pulang, Minggu (19/2/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Kebudayaan (Disbud) Jogja menggelar penayangan perdana film produksinya berjudul Kembali Pulang pada Minggu (19/2/2023). Film pendek Kembali Pulang menceritakan hubungan ayah-anak yang tak harmonis karena perbedaan keinginan keduanya.

Meskipun tak harmonis, ayah-anak tersebut dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik. Film pendek garapan Disbud Jogja ini rencananya akan dijadikan mini series dengan film lanjutannya.

Advertisement

Kepala Disbud Jogja, Yetti Martanti menjelaskan ide film ini ingin mempertemukan perbedaan dua generasi dalam hubungan ayah dan anak.

“Dua generasi memiliki nilai dan budayanya masing-masing, perbedaan tersebut kerap menjadi masalah jika tidak dipertemukan dengan baik, sering juga masalah anak dan orang tua dilatarbelakangi perbedaan perspektif tersebut. Kami ingin mempertemukan dua generasi tersebut agar bisa saling berdialog dan menyelesaikan perbedaan perspektif dan nilainya dalam film Kembali Pulang ini,” jelas Yeti, Minggu sore.

Bercerita tentang pulangnya seorang anak dari tanah rantau, jelas Yeti, makna pulang juga bisa ditafsirkan beragam. “Selain pulang harfiah, film ini juga menceritakan pulang dalam makna yang lain, dimana tokoh utamanya pulang ke rumahnya lalu menjadi pribadi yang merdeka dengan cita-citanya. Itu juga ingin kami sampaikan dalam film ini,” katanya.

BACA JUGA: Lagu Mendung Tanpo Udan Dijadikan Film, Tayang di Akhir Tahun

Hadir dalam peluncuran film tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Jogja, Aman Yuriadijaya yang turut mengapresiasi film tersebut. “Saya kira film ini relate ke banyak orang termasuk saya. Tadi saya sempat menangis karena ada kesamaan cerita tapi beda faktor dengan film ini,” katanya.

Aman menyebut banyak nilai lama yang dianut generasi sebelumnya yang tidak serta merta diterima dengan mudah oleh generasi muda. “Anak saya yang perempuan ini sekarang jadi pegawai di Kementerian Dalam Negeri tapi pengen resign, bagi generasi saya jadi PNS itu idaman sekali, tapi untuk generasi sekarang sepertinya bergeser,” ujarnya.

Pergeseran nilai dan perspektif antargenerasi tersebut, jelas Aman, dapat dihadirkan di film tersebut dengan baik. “Meskipun film pendek tapi dapat menyampaikan pesan dengan baik dan jelas, karya ini patut diapresiasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement