Advertisement

Ada 6 Kampung Wisata Baru di Jogja

Yosef Leon
Selasa, 21 Februari 2023 - 14:37 WIB
Budi Cahyana
Ada 6 Kampung Wisata Baru di Jogja Warga melintas di salah satu sudut Kampung Wisata Dewabronto, Mergangsan Kota Jogja, Selasa (21/2/2023). Pemkot Jogja menambah sebanyak enam kampung wisata pada 2023. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahun ini ada enam kampung wisata baru di Jogja sehingga jumlah kampung wisata menjadi 24. Kampung wisata diharapkan dapat menambah kunjungan para wisatawan. 

Ketua Komisi D DPRD Kota Jogja Susanto Dwi Antoro mengatakan pengembangan pariwisata tahun ini akan fokus pada kedalaman destinasi dan juga variasi atraksi wisata. Salah satu tumpuan utama yang dijadikan andalan yakni potensi dari kampung wisata. Hal ini juga selaras dengan tema besar dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Jogja. 

Advertisement

BACA JUGA:  TelkomClick 2023: Kesiapan Kerja Karyawan dalam Sukseskan Strategi Five Bold Moves di Tahun 2023

"Dua tahun terakhir tema yang diangkat dalam Musrenbang selalu berkaitan dengan pembangunan kewilayahan, sehingga kami dorong agar potensi yang ada di setiap wilayahnya bisa dikreasikan ke wisata," katanya, Selasa (21/2/2023). 

Menurutnya, setiap wilayah atau kampung di Jogja punya keunggulan masing-masing yang laik dijual dan dijadikan paket wisata. Dia mencontohkan Bausasran yang dikenal dengan pengembangan pertanian perkotaan dan dijadikan sebagai paket wisata kepada pengunjung. Kemudian Ngupasan menjadi penyangga Malioboro lewat potensi UMKM-nya. 

"Sebanyak 24 kampung wisata ini sudah siap tapi tentu perlu dipoles lagi bagaimana mengembangkan potensinya dan dimasukkan ke dalam calender of event," ujarnya. 

Di sisi lain, kekayaan eksplorasi terhadap destinasi wisata berbasis kampung juga mesti dipersiapkan. Upaya itu disebut Antoro bisa dengan program penataan lingkungan yang mengunggulkan wisata berbasis alam. Misalnya, memanfaatkan tiga sungai besar yang ada di Jogja untuk dikonsep menjadi daya ungkit kunjungan ke kampus wisata. 

BACA JUGA: Long Weekend Tiba, Ini 4 Wisata Anti-mainstream di Jogja

"Pada 2022 lalu kami sudah angkat Gajahwong. Tahun ini kami akan angkat Winongo, bagaimana promosinya dipersiapkan dan bahwa potensi sungai itu cukup besar di Jogja. Walaupun belum bisa dikatakan wisata alam," ungkapnya. 

Pada tahun ini Dinas Pariwisata Jogja mematok target kunjungan wisatawan sebanyak 1,8 juta orang dengan lama tinggal wisatawan di angka 1,7 hari dan belanja wisatawan ditargetkan Rp1,2 juta per orang.

"Kami optimistis tercapai karena kondisi sudah normal ya, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata juga kita minta naik kurang lebih 5-10 persen dibandingkan 2022 lalu," kata Antoro. 

BACA JUGA:  Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Investor Jepang Tinjau Pembangunan IKN

News
| Minggu, 02 April 2023, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Bosan dengan Makanan Nusantara, Ini 5 Menu Buka Puasa dari Beragam Negara

Wisata
| Minggu, 02 April 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement