Advertisement

Baru Sebatas Sertifikat, Perjalanan Gunungkidul Raih Adipura Masih Panjang

David Kurniawan
Rabu, 01 Maret 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Baru Sebatas Sertifikat, Perjalanan Gunungkidul Raih Adipura Masih Panjang Ilustrasi. - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Perjalanan Kabupaten Gunungkidul meraih penghargaan Adipura masih panjang. Pasalnya, penghargaan yang diterima Pemkab Gunungkidul dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (28/2/2023), baru sebatas Sertifikat Adipura.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan pemberian sertifikat Adipura merupakan bentuk penghargaan atas komitmen dalam upaya pengelolaan sampah dan keteduhan di Kota Wonosari. Menurut dia, penghargaan yang diterima terus meningkat karena sebelumnya hanya sebatas plakat Adipura.

Advertisement

“Memang berjenjang karena penghargaan tertinggi dalam bentuk piala dan adipura kencana,” kata Hary, Rabu (1/3/2023).

Menurut dia, untuk meraih penghargaan puncak membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena butuh proses dan komitmen bersama. Ada sejumlah indikator yang harus dicapai seperti kebersihan dan keteduhan, capaian kinerja dalam pengurangan dan penanganan sampah.

BACA JUGA: Kota Jogja Berharap Terima Penghargaan Adipura Lagi

Selain itu, juga ada laporan kinerja dari Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) hingga adanya program penangulangan guna mendukung kebijakan strategi nasional maupun di daerah.

“Jadi prosesnya masih panjang. Contohknya untuk laporan TPAS, pengolahannya tidak boleh salah, baik itu yang menggunakan model saniltary landfill atau open dumping,” katanya.

Meski demikian, Hary mengakui dengan penghargaan sertifikat adipura memberikan motivasi untuk meraih target yang lebih tinggi. Dia pun berharap adanya partisipasi aktif dari masyarakat serta koordinasi lintas sektoral guna meraih piala atau Adipura.

“Tentunya menjadi kebanggaan pemerintah dan masyarakat untuk mendapatkan adipura kencana, tapi butuh komitmen bersama untuk meraihnnya. Doakan semoga bisa dicapai secepatnya,” kata mantan Sekretaris Satpol PP ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Buka Opsi Penyidikan Dugaan TPPU Dana Hibah APBD Provinsi Jawa Timur

News
| Sabtu, 20 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement