Advertisement

PN Jogja Vonis Denda Pembuang Sampah Sembarangan, Segini Rincian Besarannya...

Triyo Handoko
Kamis, 02 Maret 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
PN Jogja Vonis Denda Pembuang Sampah Sembarangan, Segini Rincian Besarannya... Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sebanyak tiga pelaku pembuangan sampah liar di Jogja divonis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jogja. Masing-masing pelaku didenda sebesar Rp250.000, Rp200.000, dan Rp50.000.

Sebelumnya, ketiga orang ini ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jogja karena ketahuan membuang sampah sembarangan. “Sudah kami ajukan ke pengadilan dan sudah divonis, masing-masing denda uang sebesar Rp250.000, Rp200.000, dan Rp50.000,” kata Pelaksana Harian Kasatpol PP Jogja, Heri Eko Prasetyo, Rabu (2/3/2023).

Advertisement

Heri menyebut vonis yang diberikan hakim PN Jogja sudah sesuai Perda Pengelolaan Sampah No.1/2022. “Hukumannya tampak kecil karena memang masuknya pidana ringan,” katanya.

Satpol PP Jogja, jelas Heri, akan terus menengakan Perda Pengelolaan Sampah tersebut, terutama melakukan patrol terhadap timbunan sampah liar. “Timbunan sampah liar sekarang tinggal di dua lokasi. Hanya di Kemantren Gondokusuman dan Tegalrejo saja, sebelumnya kan ada di beberapa lokasi termasuk Kotagede,” jelasnya.

BACA JUGA: OTT Sampah Liar, 1 Orang Ketangkap, 1 Orang Kabur

Terhadap timbunan sampah liar di Gondokusuman dan Tegalrejo, lanjut Heri, pihaknya masih terus ketat memantaunya. “Timbunannya masih digunakan terus untuk buang sampah liar, padahal sudah kami jaga ketat. Memang tidak bisa 24 jam, lokasinya juga berada di jalan protokol yaitu Jalan Solo dan Jalan Magelang,” terangnya.

Heri menyebut ada kemungkinan warga luar Jogja membuang sampah liar di dua lokasi tersebut. “Karena jalan protokol tadi jadi sulit juga mengidentifikasi, kami koordinasi dengan warga sekitar juga mereka tidak tahu dan turut menjaga juga. Kalau ada yang ketahuan kami akan lakukan tindakan tegas,” ujarnya.

Sebelumnya Heri menjabat sebagai Sekretaris Satpol PP Jogja, kini jadi Pelaksana Harian Kasatpol PP Jogja. “Tentu kami akan terus turut menyukseskan gerakan zero sampah di Jogja termasuk penanganan sampah lainnya, akan kami perketat dan pertegas,” ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mensesneg Diminta Segera Merampungkan Dokumen Keppres IKN Sebelum Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Senin, 22 Juli 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement