Advertisement

Andalan Wisata Malam Jogja, Kotabaru Bakal Makin Gemerlap

Yosef Leon
Kamis, 02 Maret 2023 - 19:32 WIB
Budi Cahyana
Andalan Wisata Malam Jogja, Kotabaru Bakal Makin Gemerlap Gedung di kawasan Kotabaru, Kota Jogja, Kamis (2/3/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja akan mengusung konsep wisata malam hari di kawasan Cagar Budaya, Kotabaru. Nuansa eksotis dan gemerlap Kota Pelajar lebih terasa setelah Matahari tenggelam di wilayah itu.

Konsep ini juga sejalan dengan penataan yang telah dilakukan di area pedestrian Jalan Suroto maupun Jalan Jenderal Sudirman.

Advertisement

Di dua jalan itu, Pemkot Jogja telah merevitalisasi area pedestrian dengan penambahan sejumlah ornamen penghias dengan anggaran puluhan miliar secara bertahap sejak 2018 silam. Selain penataan fisik, Pemkot Jogja berencana membentuk forum koordinasi di wilayah Kotabaru untuk mempromosikan potensi di wilayah tersebut.

Sekda Kota Jogja Aman Yuriadijaya mengatakan tajuk Selamat Malam Kotabaru dipilih untuk mempromosikan kawasan cagar budaya itu. Konsep ini dipilih lantaran Kotabaru dianggap paling tepat dalam menggambarkan malam harinya Jogja. Potensi tersebut akan coba diangkat kepada para wisatawan agar tertarik menyambangi wilayah itu.

“Kami sudah inventarisasi kegiatan yang akan dilakukan dalam mengenalkan Kotabaru kepada khalayak,” katanya, Kamis (2/3/2023).

Menurutnya, event yang akan diselenggarakan sepanjang tahun ini di Kotabaru condong digelar pada malam hari. Hal ini menyesuaikan dengan tajuk yang diangkat dalam mengenalkan kawasan itu. Manajemen pengembangan juga dibuat holistik dengan melibatkan berbagai instansi maupun elemen di wilayah setempat.

BACA JUGA: Wisata Kotabaru Jogja Dikembangkan dengan Aroma Belanda, Begini Persiapannya

“Selama ini kan parsial saja penataannya. Kami akan melibatkan pula forum warga dan elemen lain yang sudah eksis di Kotabaru dalam upaya pengembangan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja Yetti Martanti menyebut akan ada kalender event khusus di kawasan Kotabaru. Narasi pada setiap bangunan dengan nilai sejarah maupun nilai tambah akan diperbanyak. Selain itu juga ada penambahan fasilitas sarana prasarana pada titik tertentu untuk mendukung suasana malam di Kotabaru.

“Kami juga akan tambah lampu penerangan untuk mendukung event malam hari di dua titik yakni Jalan Sudirman dan Jalan I Dewa Nyoman Oka. Setiap event juga akan kami kurasi untuk menyesuaikan dengan lingkungan atau vegetasi yang ada di Kotabaru,” ucap Yetti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Anak Bisa Berkurang Akibat Inflasi Tinggi

News
| Jum'at, 24 Mei 2024, 01:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement