Advertisement

Selama Revitalisasi, Pedagang Pasar Sentul Jogja Berjualan di Jalan Babaran

Media Digital
Minggu, 12 Maret 2023 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Selama Revitalisasi, Pedagang Pasar Sentul Jogja Berjualan di Jalan Babaran Selter sementara bagi pedagang Pasar Sentul selama proses revitalisasi dilaksanakan yang berlokasi di Jalan Babaran, Kelurahan Pandeyan, Kemantren Umbulharjo. - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Dinas Perdagangan Kota Jogja akan menempatkan pedagang Pasar Sentul di selter sementara yang berada di Jalan Babaran, Kelurahan Pandeyan, Kemantren Umbulharjo, menyusul rencana revitalisasi pasar tersebut pada tahun ini. Pembangunan selter disebut telah mencapai 50-60 persen dan ditargetkan rampung pada 6 April mendatang. 

Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja Gunawan Nugroho Utomo mengatakan, selter sementara yang disiapkan itu ada tiga titik yakni di lahan milik Pemkot Jogja seluas 1.783 m², pinjam lahan dari Pemda DIY seluas 2.215 m², dan Sultan Ground seluas 547 m². Sejumlah fasilitas pun disiapkan di selter untuk membuat pedagang nyaman selama beraktivitas. 

Advertisement

"Kami siapkan kios 3 x 3 meter 26 unit dan los 2 x 1 meter sebanyak 660 unit. Area pasar nanti juga akan dilengkapi dengan kantor dan toilet, musala, parkir motor kapasitas 130, parkir mobil, area bongkar muat, pos jaga dan TPS," kata Gunawan Minggu (12/3/2023). 

Total ada 529 pedagang yang akan menempati selter sementara, terdiri dari 26 pedagang kios, 312 pedagang los, 11 pedagang lapak KIP, dan 180 pedagang lapak sementara. Dia memastikan pedagang yang mendapatkan tempat di selter hanya yang telah mengantongi kartu bukti pedagang dan kartu identitas pedagang. 

"Pedagang luberan tidak ditampung karena lokasi yang terbatas. Kalau sudah selesai dibangun nanti akan diserahkan dulu dari DPUPKP ke dinas perdagangan baru kami masuk ke tahap selanjutnya. Rencana akhir April pedagang sudah bisa pindah ke selter sementara," kata Gunawan. 

Kepala Seksi Pengembangan Pasar Dinas Perdagangan Kota Jogja Dwinanto Sujatmiko menyebut pihaknya telah membagi zonasi pedagang di selter sementara itu. Pedagang akan ditempatkan sesuai dengan jenis dagangannya. Kurang lebih ada 20-an lebih jenis dagangan di Pasar Sentul yang mendapat tempat berbeda-beda. 

"Kami siapkan zona basah untuk pedagang ikan dan daging yang banyak membutuhkan air atau zona sayuran dan aneka jenis dagangan lain juga dibuat seragam nantinya," kata dia. 

Jika rencana revitalisasi pasar itu berjalan sesuai dengan rencana, pedagang akan menempati selter sementara sampai dengan Desember, sebab revitalisasi ditargetkan selesai pada awal Desember mendatang. Proses pemindahan pun dilakukan pada pertengahan Desember atau awal tahun 2024. 

"Semoga berjalan sesuai dengan rencana dan pedagang sudah bisa boyongan ketika Desember minggu kedua atau di awal tahun," kata Dwinanto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Amalan Menyambut Bulan Puasa Ramadan

Amalan Menyambut Bulan Puasa Ramadan

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Tegaskan Kasus Perundungan Jangan Ditutupi Demi Nama Baik Sekolah

News
| Sabtu, 02 Maret 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement